IMPLEMENTASI METODE DRILL OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA KARTU KELAS I DI SD NEGERI 18 SADAYAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: 1) Teknik guru dalam meningkatkan kemampuan menulis melalui metode drill SD Negeri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2023; 2) Pelaksanaan teknik yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill siswa SD Negeri 18 tahun pelajaran 2022/2013; 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill siswa SD Negri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2013. Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Teknik guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill SD Negeri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2023 yaitu dengan menentukan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar siswa lebih giat dan semangat dalam kegiatan menulis. Pelaksanaan teknik yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa SD Negeri 18 Sadayan tahun pelajaran 2022/2023 yaitu dengan melaksanakan latihan dari awal yaitu membiasakan siswa menggunakan alat tulis, mengajari siswa menulis dengan buku tulis bergaris, menggunakan media pembelajaran yaitu media kartu, melatih siswa dengan perlahan. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode drill di SD Negeri 18 tahun pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut: a) Faktor pendukungnya yaitu, kesiapan guru, bahan pembelajaran, dan motivasi guru. b) Faktor penghambat gerakan literasi yaitu, siswa kurang fokus dan fasilitas kurang.
References
Alma, Buchari. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Anton. 2005. Jurnalistik Islam. Shahara Digital Publishing.
Anwar, Donny Gahral. 2010. Pengantar Fenomenologi. Depok: Koekoesan.
Aplikasi Al-kalam Aplikasi Digital Versi 1.0. 2009. Bandung: Diponegoro.
Aritonang, Tua. 2015. “Pengaruh Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Praktik Teknologi Pendidikan di STAKPN Tarutung.” Jurnal, Vol. 18, No. 2 Desember 2015.
Dalyono. M. 2010. Psikolosi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. UUD Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Fahmi, Asma Hasan. 1979. Sejarah dan Filsafat Pendidikan. Jakarta: Bulan Bintang.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. Malang: CV. Literasi Nysantara Abadi.
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Isah. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Majid, Abdul. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Mujib, Muhaimin, Abdul. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.
Roestiyah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Salminawati. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Printis.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasam.
Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.
Soemarjadi. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin, dkk. 2012. Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.