PEMAHAMAN KONSUMEN TENTANG PINJAMAN ONLINE (PINJOL) DI JAKARTA

  • Gunawan Widjaja Universitas Krisnadwipayana, Indonesia
Keywords: Understanding, online loan, People Of Jakarta.

Abstract

The level of understanding of online loan applications for people in the Jakarta area as the results obtained, respondents who have a good understanding who have income in accordance with the drinking wage, while those earning less than their drinking wages get a poor understanding and among respondents, with income above the drinking wage they have very good understanding. From these results, respondents from those who are not married, and those who are married, on average have a good understanding of online loans. The reasons for respondents choosing this online loan application are the ease of borrowing without being guaranteed, while the reasons for family support are only a few of the respondents

References

Aan Komariah dan Cepi Triatna, 2005, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Bandung: Bumi Aksara.
Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, 2004, Psikologi Suatu Pengantar (dalam Persfektif Islam), Jakarta: Prenada Media.
Anggih Dwi Istiarni, 2014, Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap penggunaan sebagai Variabel Intervening, Skripsi: FEB UNDIP Semarang
Djaka, 2011, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini, Surakarta: Pustaka Mandiri
Elsye MAW, 2017, Pengaruh Persepsi, Kepribadian dan Sikap terhadap Keputusan Pengembang Perumahan menjadi Mitra Bank Syariah Pekan Baru, Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol. 7 No. 1
Erna Maeyasari, 2012, Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Finger Print terhadap Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak, Skripsi: Universitas Ageng Tirtayasa.
Eshter Novianty, 2017, Pengaruh Pengetahuan Produk Kesadaran Merk Persepsi Penilaian dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian online Kosmetik Qweena Skincare (Studi pada Mahasiswi Fisip Lampung Pengguna Instagram), Skripsi: Universitas Lampung
Felna TA dan W.A, Pratomo, 2013, Analisis Permintaan Kredit pada Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Medan Johor, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1 No. 2
Herlan dan Yono, 2016, Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, (persepsi kegunaan dan pengalaman terhadap minat wajib pajak menggunakan sistem E-filing), Accounting Jurnal Vol. 5 Juli
Indraddin dan Irwan, 2016, Strategi dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: Deepublisher
Irna Dwi Kusuma dan Nindria Untarini, 2014, Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Minat Beli dengan Sikap sebagai VAriabel Intervening, Jurnal Ekonomi, Vol. 2 No. 4 Oktober
Jogiyanto, 2007, Sistem Informasi Keprilakuan, Yogyakarta: Andi
OJK, 2019, Layanan Pinjaman Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (PM-TEKFIN), Jakarta: Otoristas Jasa Keuangan.
Reza Andriyanto, 2016, Pengaruh Kepercayaan Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Minat beli di Toko Online (Studi Empiris yang dilakukan pada OLX.id di Yogyakarta, Skripsi: Universitas Negeri Jogjakarta.
Simamora, 2004, Panduan riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto, 2003, Dasar-dasar Public Relations, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suarni GAP, L.A Trupalupi dan L.A, Haris, 2014, Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Pengambilan Kredit pada LPD (Lembaga Pengkreditan Desa) Desa Pakraman Manggissari, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 4 No. 1
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sukanto, M.M, 1985, Nafsiologi, Jakarta: Integritas Press
Tri wahyuni, 2016, Pengaruh Pengetahuan Konsumen, Skripsi: UIN Raden Fatah Palembang
Vankatesh Moris M.G, Davis, G.B, dan Davis, F.D, 2003, User Acceptance of Information Technology, Journal Economics, Vol. 27 no. 3 September
Published
2022-01-21