Pembinaan Parenting Bagi Orang Tua Siswa dan Tenaga Pendidik di Kober Miftahul Ulum Desa Jayasari
Abstract
Parenting adalah kemampuan yang harus dimiliki dan dipahami dengan baik oleh para orang tua. Tim KKM merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan yang memberikan pemahaman parenting kepada orang tua. Hal ini dikarena kami melihat saat ini para orang tua memiliki kesibukan bekerja. Beberapa orang tua juga harus melaksanakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Sementara anak-anak saat ini terbiasa dengan gadget dan sejenisnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan parenting bagi orang tua dan tenaga pendidik di Kober Miftahul Ulum Desa Jayasari. Metode yang digunakan adalah dengan menggelar seminar dengan narasumber Ibu Ai Teti Wahyuni, M.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dari kalangan orang tua dan tenaga pendidik. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan mayoritas tenaga pendidik dan orang tua semakin memahami tentang pentingnya parenting. Hal ini ditandai dengan kesan positif yang disampaikan oleh beberapa orang tua dan tenaga pendidik selaku peserta.
References
Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting bagi Orang Tua Sibuk dan Pengaruhnya bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Hermawan, A. (2018). URGENSI POLA ASUH ANAK DALAM KELUARGA DI ERA GLOBALISASI. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.18326/inject.v3i1.105-123
Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6462
Munisa, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), Article 1.
Pradipta, D., Mulyadi, S., & Rahman, T. (2021). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40744
Prima, E. (2020). PERANAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT ANAK USIA DINI. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v4i1.4492
Rahmat, S. T. (2018). POLA ASUH YANG EFEKTIF UNTUK MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.166
Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289
Sofyan, A. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN PARENTING BAGI ORANG TUA SISWA. https://sman1amfoangtimur.sch.id/read/55/pentingnya-pendidikan-parenting-bagi-orang-tua-siswa
Sunarsih, T., & Ekawati. (2019). Penerapan Model Klinik Sahabat Anak Sebagai Upaya Pencegahan Generasi Punah (Lost Generation). Journal of Innovation in Community Empowerment, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30989/jice.v1i1.206