Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru PAUD dalam Kualitas Pembelajaran di Desa Cimanggu
Abstract
Pendidikan anak usia dini yang lebih sering disebut PAUD, bisa menjadi tingkat pengajaran awal bagi anak atau pengajaran dasar. Guru adalah suatu profesi yang titik beratnya berfungsi sebagai sumber dan orang yang menyediakan pengetahuan bagi anak didiknya. Karena guru juga merupakan barisan pengembang kurikulum yang terdepan maka guru pulalah yang selalu melakukan evaluasi dan penyempurnaan terhadap kurikulum. Guru yang berkualitas adalah guru yang mampu berperan sebagai guru yang ideal. Guru merupakan sistem sekolah yang di anggap sebagai hal yang penting bagi keberhasilan peserta didik disekolah. kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Participatory Action Research (PAR) upaya peningkatan profesionalitas guru Paud di desa cimanggu . Hasil Penelitian terkait dengan profesional guru Pendidik anak usia dini ini nantinya bisa memotivasi agar guru TK/RA/PAUD di Desa Cimanggu dapat meningkatkan profesionalitas setiap gurunya.
References
Anonim. (2003). "Gaji Khusus Tak Jamin Profesionalisme Guru". Kompas, 13 November 2003. Diambil dari http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0311/13/ dikbud/686476.htm pada tanggal 16 Oktober 2004
Arianti, A. (2019). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Ariyanti, T. (2016). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943
Atabik, A. (2018). Pendidikan dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270
Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal basicedu, 6(3), 4663-4671.
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Alfalah Jurnal Ilmiah Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26
Hanafi, H. (2018). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah. deepublish.
Heikka, J., Halttunen, L., & Waniganayake, M. (2018). Perceptions of early childhood education professionals on teacher leadership in Finland. Early Child Development and Care, 188(2), 143–156. Doi: https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1207066
Ismail, B. (2014). Komitmen Guru Profesional Dalam Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.22373/jm.v4i1.277
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.
Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan asesmen anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS: Dharma Raflesia, 19(01), 177–185. Doi: https://doi.org/10. 33369/dr.v19i1.14095
Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional (Pijakan Mahasiswa, Guru, dan Pengelola TK/RA/KB/TPA). Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia
Muhson, A. (2004). Meningkatkan profesionalisme guru: sebuah harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2).
Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. Doi: http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Mulyasa, E. 2006. Menjadi guru profesional.Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noor, F., Norilah, Zakiyyah, F. A., & Madani, M. H. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA TINGKAT DASAR DI PAUD ISTIQLAL BANJARMASIN. An-Nahdhah, 15(1), Article 1.
Sagala, (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung: Alfabeta.
Utami, V. A., Ibrahim, N., & Kurniawati, K. (2020). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 27 JAKARTA. Visipena, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1302