Upaya Penigkatan Produksi dan Digitalisasi Pemasaran UMKM di Desa Cimanggu

  • Gugun Taupiq Hidayat STITNU Al Farabi Pangandaran
  • Dedih Hidayatulloh STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Gian Laras Asmarandani STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Imas Mashofah STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Irpan Ilmi STIT NU Al Farabi Pangandaran
Keywords: peningkatan produksi, digitalisasi pemasaran UMKM

Abstract

Desa Cimanggu merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi usaha alam dan repah-rempah yang mampu menopang perekonomian warga sekitarnya. Dalam sebuah usaha Inovasi, peningkatan produksi dan pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Namun masalah yang dihadapi oleh usaha ataupun industri kecil saat ini adalah pengelolaan industri dan pemasaran. Dengan pengabdian masyarakat terkait pendampingan UMKM seperti : pengrajin makanan ringan, pengrajin tahu, budidaya jamur, pengrajin kue, pandai besi. diharapkan dapat memberikan solusi dalam peningkatan kesejahteraan UMKM. Program pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan mengadakan seminar Peningkatan produksi dan digitalisasi pemasaran UMKM. peningkatan produksi dengan pendekatan manajemen dan perluasan pemasaran pada sosial media serta pasar modern.

References

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah(UMKM) Di Kabupaten Bangli.” e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha 2(1): 11 21.

Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729

Kasmir. (2013). kewiraushaan (Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kementrian Koperasi dan UKM. “Perkembangan Data UMKM.”Lanang, I Putu Eka Sudiarta, I Ketut Kirya, and I Wayan Cipta. 2014. “Analisis

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Pembangunan Nasional. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(1), Article 1. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/59

Miller, R.L. dan Meiners E, R. (2000). Teori Mikroekonomi Intermediate, penerjemah Haris Munandar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti, N. (2021). REVOLUSI INDUSTRI 4.0: PERAN TEKNOLOGI DALAM EKSISTENSI PENGUASAAN BISNIS DAN IMPLEMENTASINYA. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.26486/jpsb.v9i2.2103

Tulus Tambunan. 2009. UMKM DI INDONESIA. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang Undang Republik Indonesia No.20. 2008. Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.

Published
2023-04-20