Pembuatan Disertai Pelatihan Penggunaan Inovasi Alat Praktikum Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa MAK Madani Manado

  • Jakub Saddam Akbar Universitas Negeri Manado
  • Stefan Marco Rumengan Universitas Negeri Manado
  • Yohanes Bery Mokalu Universitas Negeri Manado
  • Djakariah Universitas Negeri Manado
  • Ayu Febrianti Akbar Universitas Negeri Manado
Keywords: Kimia, Alat Praktikum, Pelatihan, Pemahaman Konsep

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pembuatan dan pelatihan penggunaan inovasi alat praktikum kimia terhadap pemahaman konsep siswa di MAK Madani Manado pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design dengan melibatkan 35 siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep siswa, dengan rata-rata nilai pretest 60,02 dan posttest 90,02. Hal ini membuktikan bahwa alat praktikum inovatif yang dikembangkan efektif membantu siswa memahami konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit melalui pengalaman belajar langsung yang interaktif. Pelatihan penggunaan alat praktikum memungkinkan siswa lebih percaya diri dalam melakukan eksperimen serta mampu menghubungkan teori dengan praktik. Inovasi ini memberikan solusi bagi keterbatasan fasilitas laboratorium sekolah dan menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta pemahaman konsep kimia siswa.

References

Abulais, D. M., Krimadi, L. N., & Bokin, J. A. (2023). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Kimia Melalui Praktikum Sederhana di SMA PGRI Jayapura. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 427-432.

Adiyanto, D., Riandi, R., & Solihat, R. (2024). Hybrid Android interface practicum mode to develop students' science process skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 431-440.

Akbar, J. S., & Djakariah, D. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android menggunakan pendekatan inkuiri untuk menguatkan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) calon guru. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 51(1), 46–53.

Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ariyanti, M. P. (2024). Analisis Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium Kimia serta Implikasinya terhadap Praktikum Kimia SMA Negeri di Pinggir Kota Singaraja (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Becker, N., Stanford, C., Towns, M. dan Cole, R. (2015). Translating Across Macroscopic, and Symbolic Levels : The Role of Instructor Facilitation in an Inquiry-Oriented Physical Chemistry Class. Chemistry Education Research and Practice. 16(1): 769-785.

Effendy. (2016). Ilmu Kimia untuk Siswa SMA dan MA. Indonesian Academic Publishing. Malang.

Hadi, S., Taufiq, L., & Raehanah, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Pair Checks Dipadukan Dengan Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Ishahul Ittihad. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 2(1), 83-97.

Julijanty M., P. (2022). Lks Praktikum Pada Masa Pandemi Covid-19 Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pembelajaran Kimia Pada Semester Ganjil Di Kelas Xi.Mipa2 Sman 1 Jalaksana. Berajah Journal, 2(2), 329–336.

Mulyasa, (2013). Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Rosdakarya. Bandung.

Padari, P. S., Muharini, R., & Hadi, L. (2022). Deskripsi Pengetahuan Alat Praktikum Kimia Peserta Didik SMA Kristen Abdi Wacana. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7279-7285.

Pongpalilu, F., Hamsiah, A., Raharjo, R., Sabur, F., Nurlela, L., Hakim, L., Waliulu, H., Hasanah, N., Maruddani, R. T. J., & Suroso, S. (2023). Perkembangan Peserta Didik: Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era Society 5.0. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Prasetyo, D. R., & Hindarto, N. (2015). Pengembangan Alat Praktikum Refraktometer Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Innovative Science Education, 4(2).

Ramli, Akhmad, Rahmadani Putri, Eliza Trimadona, Ayuliamita Abadi, Yolla Ramadani, Andi Muh Akbar Saputra, Pebrina Pirmani, Nurhasanah Nurhasanah, Iin Nirwana, and Khotimah Mahmudah. (2023). Landasan Pendidikan: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sudarmin. (2015). Model Pembelajaran Inovatif Kreatif. Unnes Press. Semarang.

Xu, H. (2012). Exploring Students’ Interactions, Arguments, and Reflections in General Chemistry Laboratories with Different Levels of Inquiry. Disertasi. The University of Arizona.

Walker, J. P., & Sampson, V. (2013). Learning to Argue and Arguing to Learn: Argument-Driven Inquiry as a Way to Help Undergraduate Chemistry Students Learn How to Construct Arguments and Engage in Argumentation During a Laboratory Course. Journal of Research and Science Teaching. 50(5): 561-596.

Published
2024-12-25