IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM PEMBELAJARA IPS SD

  • Parni Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Implementasi, Metode Simulasi, Pembelajaran IPS

Abstract

Seorang guru bukan hanya dituntut untuk menjadi pengajar, tetapi juga dituntun untuk menjadi seorang pendidik. Oleh karena itu, kemampuan yang harus dikembangkan dalam pembelajaran bukan hanya berkaitan dengan aspek kognitif saja, tetapi harus berkaitan dengan afektif dan psikomotorik. Salah satu upaya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan tersebut adalah penerapan metode simulasi dalam proses pembelajaran. Penerapan metode simulasi diharapkan dapat memberikan dampak perubahan terhadap hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Metode simulasi metupakan metode yang digunakan untuk melatih dan merupakan proses peniruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Dalam metode simulasi, siswa dibina kemampuannya dalam berinteraksi dan berkomunikasi dalam berkelompok. Metode simulasi merupakan suatu cara pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan lebih memberikan peran aktif kepada siswa serta membantu siswa dalam belajar memecahkan suatu masalah. Dalam pembelajaran yang menggunakan metode simulasi, siswa dibina kemampuannya dalam berinteraksi dan berkomunikasi dalam kelompok. Selain itu juga, dalam metode simulasi, siswa diajak untuk ber-main peran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Dahlan. 1994. Model-model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Model Pembelajaran sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Diknasmen Direktorat Pendidikan TK dan SD.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ramayulis. 2012. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, cet. VII. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya.
Sa’ud, Udin Syaefudin. 2005. Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taniredjo, Tukiran dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto 2010. Mengembangkan model pembelajaran tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Wahab. 2008. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta.
Winataputra, Udin S. 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2020-05-15
Section
Articles