MANAJEMEN SUPERVISI DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Manajemen adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya agar efektif dan efisienSupervisi merupakan proses untuk menerapkan pekerjaan apa yang sudah dilaksanakan, menilainya dan bila perlu mengkoreksi dengan maksud supaya pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana semula. Supervisi merupakan usaha memberi pelayanan agar guru menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugas melayani peserta didik. Prinsipprinsip supervisi adalah prinsip ilmiah, demokratis, kerjasama, konstruktif dan kreatif, prinsip konsultatif kolegial, berpusat pada guru, umpan balik, bersifat bantuan profesional. Sedangkan pendekatan dalam supervisi pendidikan adalah pendekatan direktif, nondirektif, dan kolaboratif. Teknik individual dengan metode kunjungan dan observasi kelas, individual konference, kunjungan antar guru, evaluasi diri, suvervisi buletin, profesional reading, profesional writing dan percakapan pribadi dan individual. Metode kelompok dengan metode rapat staf sekolah, orientasi guru baru, curikulum laboratorium, panitia, perpustakaan profesional, demonstrasi mengajar, lokakarya, fiel trips for staff personal, fanel or forum discussion, in service training, dan organisasi profesional
References
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Mukhtar Latif, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Aplikasi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Donni Juni Priansa, Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung : Alfabeta.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2002. Manajem en Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Sahertian, Piet. 1994. Profil Pendidikan Profesional. Yogyakarta : Andi Offset.
Syaefuddin. 1998. Kinerja Kepala Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Supervisi Pengajaran. Jurnal Pendidikan. Malang : Universitas Muhamadiyah Malang.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Piet .a sahertian, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan : dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta, 2008.
Lazaruht, Soewadji. 1988. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Kanisius.
Arikunto, Suharsini. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.
Suharsimi Arikunto, 2004. Dasar- Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto, Dasar-dasar Supervisi, IKIP Yogyakarta, Bina Aksara, 1984.
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Op.Cit.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Jurusan Administrasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.