VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan bagian integral dari kehidupan masyarakat di era global harus bisa memberikan dan memfasilitasi bagi tumbuh dan berkembangnya intelektual, sosial, dan personal. Pendidikan harus bisa menumbuhkan berbagai potensi yang ada dalam diri siswa, keterampilan intelektual, sosial dan personal, tidak hanya dengan landasan rasio dan logika saja, tetapi juga inspirasi, kreativitas, moral, emosi dan juga spiritualnya. Salah satu tujuan pendidikan adalah membentuk diri yang agamis dan berakar pada hati nurani, sikap yang agamis akan memisahkan anak dari kebiasaan atau perilaku buruk dan sifat-sifat negatif. Akan tetapi tujuan pendidikan akan sulit tercapai manakala dalam proses pembelajaran kurang memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan. Pemakaian metode yang tepat sangat membantu terhadap keberhasilan materi yang disampaikan, oleh karena itu metode harus dipilih sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Karena tidak ada sebuah metode yang paling baik untuk semua materi, maka pemakaian metode harus disesuaikan dengan materi masing-masing
References
A.Majid, 2008. Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abdul Majid, 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anissatul Mufarrokhah, 2009. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras.
Chabib Thoha, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Conni Setiawan. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
Darsono, 2000, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Semarang Press.
Daryoto, 2014. “Penerapan Meode Every One Is Teaher Here dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universtas Sunan Kalijaga.
Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta.
Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Diani Herningtyas. 2013. “Implementasi metode Every One Is Teacer Here Berbantuan Media Kliping Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, Skripsi. Semarang: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri semarang. E. Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional , Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosda Karya
Hadi Podo, 2003. Pandai Berbahasa Inggris Kamus Ungkapan Indonesia-Inggris, Jakarta: Gramedia.
Hasibunan dan Moedjiono, 2001. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Roesdakarya.
Ismail, 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group.
M. Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Mulyono, 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang: UIN Maliki Press). M. Basyaruddin Usman. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Pupuh Fathurrahman, dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Ramayulis, 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Roestiyah N. K, 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 1991. Proses Pembelajaran dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata, 2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djaramah dan Aswan Zain, 2014. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah, 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ketiga, Jakarta : Balai Pustaka.
Wina Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet 8.
W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo.