Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Perkembangan Bahasa Anak

Keywords: Perkembangan Bahasa Anak, Faktor Eksternal, Kebahasaan

Abstract

Perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, yang sering kali menghambat kemajuan mereka dalam periode kritis ini. Masa kanak-kanak merupakan waktu yang ideal untuk mengembangkan kemampuan bahasa, yang berperan penting dalam proses komunikasi dan interaksi sosial. Dalam konteks ini, perkembangan bahasa terkait erat dengan perkembangan kognitif. Berbagai teori menjelaskan fenomena ini, termasuk teori Navitis, teori behavioristik, teori perkembangan kognitif, teori interaksionisme, dan teori fungsional. Faktor eksternal yang dapat menghambat perkembangan bahasa antara lain pola asuh orang tua, urutan atau jumlah anak, lingkungan, dan pengaturan sosial. Untuk meningkatkan perkembangan bahasa, strategi yang dapat diterapkan mencakup optimalisasi pola asuh, perhatian terhadap urutan atau jumlah anak, penciptaan lingkungan belajar yang mendukung, dan penyesuaian dengan pengaturan sosial. Dengan penerapan strategi yang tepat, perkembangan bahasa anak dapat dioptimalkan, memfasilitasi komunikasi yang lebih baik serta pemahaman terhadap lingkungan sosial mereka.

References

Adriana, I. (2008). MEMAHAMI POLA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DALAM KONTEKS PENDIDIKAN. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v3i1.229
Arnianti. (2019). TEORI PERKEMBANGAN BAHASA. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Aurelia, T., Rahminawati, N., & Inten, D. N. (2022). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3504
Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. In Hotel Grasia.
Devianty, R. (2017). BAHASA SEBAGAI CERMIN KEBUDAYAAN. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167
Dewi, M. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). PERKEMBANGAN BAHASA, EMOSI, DAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11
Isna, A. (2019). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stainupwr.ac.id/
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, R. (2017). POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH (USIA 3-6 TAHUN). In Dunia Keperawatan (Vol. 5, Issue 1).
Rizki Amalia, E., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERCERITA. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). KESULITAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR. In Karimah Tauhid (Vol. 1, Issue 3). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7818
Sumaryanti, L. (2017). PERAN LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552
Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya.
Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
Published
2024-11-06