KONSEP FITRAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Pada hakikatnya manusia dilahirkan kedunia dalam kondisi fitrah, fitrah manusia tidak hanya bersifat statis ia dapat berkembang karena banyak hal salah satunya melalui pendidikan, tentunya dengan pendidikan yang berlandaskan pada islam. Upaya pengembangan fitrah manusia melalui pendidikan, terutama bagi anak-anak yang masih dalam proses pengenalan diri amat penting dilakukan guna tercapainya tujuan pendidikan islam itu sendiri. oleh karena itu komponen-komponen pendidikan pun harus diarahkan pada upaya pengembangan potensi anak
References
Al-Ghazali, hya’lum al-din Arifin, H.M., 1993, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. Bahrudin, 2004, Paradigma Psikologi Islami, studi tentang Elemen Psikologi dari Al-quran Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Freire, Paulo, 2002, politik pendidikan kebudayaan kekuasaan dan penindasan Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gani, H. Bustami A, 2003, Al-quran terjemahannya, Semarang: CV Alwaah. Imam, Muis Sad, 2003, Pendidikan perspektif menimbang konsep fitrah dan progresivisme Jhon Dewey, Yogyakarta: Safari Insan Press.
Langgulung, Hasan, 1985, pendidikan dan peradaban islam, Jakarta: Pustaka Husna.
Sabri, M. Akisuf, 1997, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Shihab, M.Quraish, 1996, wacana Al-quran, Bandung: Mizan.