KONSEP FITRAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Novi Cahya Dewi Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Kreativitas, AUD, Kegiatan eksplorasi

Abstract

Pada hakikatnya manusia dilahirkan kedunia dalam kondisi fitrah, fitrah manusia tidak hanya bersifat statis ia dapat berkembang karena banyak hal salah satunya melalui pendidikan, tentunya dengan pendidikan yang berlandaskan pada islam. Upaya pengembangan fitrah manusia melalui pendidikan, terutama bagi anak-anak yang masih dalam proses pengenalan diri amat penting dilakukan guna tercapainya tujuan pendidikan islam itu sendiri. oleh karena itu komponen-komponen pendidikan pun harus diarahkan pada upaya pengembangan potensi anak

References

Ahmadi, Abu, 1991, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Ghazali, hya’lum al-din Arifin, H.M., 1993, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. Bahrudin, 2004, Paradigma Psikologi Islami, studi tentang Elemen Psikologi dari Al-quran Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Freire, Paulo, 2002, politik pendidikan kebudayaan kekuasaan dan penindasan Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gani, H. Bustami A, 2003, Al-quran terjemahannya, Semarang: CV Alwaah. Imam, Muis Sad, 2003, Pendidikan perspektif menimbang konsep fitrah dan progresivisme Jhon Dewey, Yogyakarta: Safari Insan Press.
Langgulung, Hasan, 1985, pendidikan dan peradaban islam, Jakarta: Pustaka Husna.
Sabri, M. Akisuf, 1997, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya. Shihab, M.Quraish, 1996, wacana Al-quran, Bandung: Mizan.
Published
2018-12-28
Section
Articles