IMLA’ MANZHUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ahmad Rathomi Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Imlā’ Manẓūr, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Menulis merupakan keterampilan yang memerlukan latihan secara intensif untuk dapat dikuasai secara maksimal, baik bahasa ibu ataupun bahasa asing, tentunya mulai dari level paling dasar sampai ke level tertinggi. Dalam pembelajaran bahasa Arab, latihan menulis tingkat dasar disebut dengan imlā’ atau dalam mata pelajaran bahasa Indonesia hampir sama dengan dikte. Seorang guru bahasa Arab, baik di lembaga formal ataupun nonformal, ketika mengajarkan keterampilan menulis, maka harus melatih kemampuan imlā’ siswa. Siswa tidak akan mampu menulis kata dalam bahasa Arab dengan tepat jika aspek ini diabaikan. Maka dari itu, pembelajarannya dituntut untuk dapat dilakukan secara sistematis dengan tahapan kegiatan belajar yang kreatif.

References

Ainin, M. 2006. Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Al Ghali, Abdullah. 2012. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. Padang: Akademia.
Harun, Abdussalam Muhammad. 1993. Qowaidul Imla. Surabaya: Trigenda Karya.
Hermawan, Acep. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, Abdul ‘Alim. 1961. Al-Muwajjihul Fanny Li Mudarris al-Lughah al-Arabiyah. Kairo: Daar Ma’arif.
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muttaqin, Zaenal dkk. 2014. Buku Guru Bahasa Arab. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Santoso, Moh. Amin, 2011. Modul Materi Praktikum Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Arab: Istima’, Kalam, Qira’ah, dan Kitabah. Pontianak: STAIN Pontianak
Published
2020-06-02