Pengembangan LKPD Tema Kebutuhanku Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Miftahurrahmah Desa Kuro Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir

  • Rani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Hartatiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Elsa Cindrya Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Ali Murtopo Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
Keywords: LKPD (Lembar Kerja Siswa); Meningkatkan Kreativitas

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan kreativitas khususnya anak usia 5-6 tahun di PAUD Miftahurrahmah Desa Kuro karena masih rendahnya dalam meningkatkan kreativitas, karena guru hanya menggunakan lembar kerja anak, sehingga membuat anak tidak tertarik dan tidak mendapatkan pengalaman langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah kelompok B di PAUD Miftahurrahmah Desa Kuro. Tahap uji coba lapangan awal dilakukan sejumlah 14 peserta didik dan uji coba lapangan utama dengan seluruh kelompok B di PAUD Miftahurrahmah Desa Kuro yaitu sebanyak 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan diperoleh berdasarkan data angket respon yang di analisis dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan validitas ahli materi 91,11 kategori sangat valid ,ahli desain 95,38 kategori sangat valid dan ahli bahasa 91,42 sangat valid. Uji kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon guru 97 kategori sangat praktis, serta angket respon peserta didik dilakukan dalam bentuk instrumen dinyatakan sangat efektif pada uji coba lapangan awal 86,71 dinyatakan efektif, dan pada uji coba lapangan utama 92,76 dinyatakan sangat efektif. Maka dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan pada anak sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa LKPD untuk meningkatkan kreativitas valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

References

Astri, Nurinayah Yansyah, Nurhayati Sri, and Wulansuci Ghina. n.d. “PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM MELALUI METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK PELITA.”
Astutik, Sri, and Binar Kurnia Prahani. 2018. “The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity.” International Journal of Instruction 11 (4): 409–24. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11426a.
Ayu Wandari, Kamid Kamid, and Maison Maison. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa.” Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 (2): 47–55.
E, Kosasih. n.d. “Pengembangan Bahan Ajar.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=UZ9OEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=E.+Kosasih,+Pengembangan+Bahan+Ajar,+(Jakarta:+PT+Bumi+Aksara,+2020),+h.+33.&ots=Wq6zLoT-iy&sig=k681iDALqU_tzbYLv4M_G94Ogtk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
Hidayati, Samsi Nur, Sunyono Sunyono, and Lilik Sabdaningtyas. 2021. “Inquiry-Based E-LKPD in Effort to Improve the Fourth Grade Students’ Learning Outcome.” International Journal of Educational Studies in Social Sciences (IJESSS) 1 (3). https://doi.org/10.53402/ijesss.v1i3.28.
Lau, Kwok Chi, and Terence Yuk Ping Lam. 2017. “Instructional Practices and Science Performance of 10 Top-Performing Regions in PISA 2015.” International Journal of Science Education 39 (15): 2128–49. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1387947.
Lavtania, Neysia, Lukman Nulhakim, and Enggar Utari. n.d. “PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KREATIVITAS MATA PELAJARAN KIMIA MATERI PEMBUATAN MAKANAN BERUPA KOLOID.”
M, Saido G, Siraj S, Nordin A.B B, and Amedy A. 2015. “Higher Order Thinking Skills among Secondary School Students in Science Learning.” The Malaysian Online Journal of Educational Science 3 (3): 13–20.
Muhammad, yudita aldo, and Sugiyono. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” KarismaPro 15 (1). https://doi.org/10.53675/karismapro.v15i1.1331.
Mukti, Fitri, Connie Connie, and Rosane Medriati. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu.” Jurnal Kumparan Fisika 1 (3): 57–63. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.57-63.
Yudi, Rayanto hari. n.d. “Penelitian Dan Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pJHcDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Rayanto,+Y.H+Penelitian+dan+Pengembangan+Model+Addie+dan+R2d2:+Teori+%26+Praktek+(Lembaga+Academic+%26+Research+Institute,+2020).&ots=ycqeOzxBMQ&sig=gFX74PNr-fkVHRgVyxiqes5I4w0&re.
Yulianti, Tri Rosana. 2021. “Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah).” E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id 4 (1): 11–24. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/569.
Published
2025-11-04
Section
Articles