Jurnal Primearly -46- UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 2 PEMANGKAT TERHADAP SIFAT SIFAT CAHAYA MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Perkembangan dan perubahan di segala aspek kehidupan semakin pesat, begitu juga perkembangan di dunia pendidikan, tuntutan akan kesuksesan suatu pembelajaran sangat diprioritaskan. Untuk mendukung kesuksesan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu mencari dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk menyampaikan materi pelajaran, metode yang akan kita bahas disini adalah model pembelajaran membaca dan menulis. Rumusan masalah yang ingin disajikan sebagai bahan kajian adalah : Apakah penggunaan model pembelajaran membaca dan menulis dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas Kelas I SDN 2 Pemangkat Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran membaca dan menulis lancer pada siswa kelas I dapat meningkatkan motivasi belajar. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah model pembelajaran membaca dan menulis pada siswa kelas I sangat baik guna mengasah ketrampilan membaca dan menulis yang telah didapatkan dari kelas I, selain itu untuk mencegah kebosanan dan meningkatkan hasil belajar. Minat adalah keinginan yang kuat atau kecenderungan hati yang sangat tinggi terhadap sesuatu. Minat seseorang dipengaruhi oleh factor luar, misalnya dukungan dari orang tua, saudara dan teman.
References
Brown, H. Douglas. 1980. Principles of Language Learning and Teaching. Englewood Cliffs: New yersey: Prentice-Hall Regents.
__________. 1984. Teaching by Principles, an interactive approach to Language Pedagogy. Englewood Cliffs: New yersey: Prentice-Hall Regents.
Cooper, Charles R. dan Odell Lee. 1977. “Holistic Evaluation of Writing” Evaluating Writing: Describing, Measuring, and Judging.
Forgaty, Robin. 1991. How to Integrate Curricula. Illinois: IKI/Skylight Publishing Inc. Gilliam dan Dixon, Hazel. 1991. Integrating Learning Planned Curriculum Units. Auastralia: Bookshelt Publishing Australia.
Gorys Keraf. 1984. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
__________.1994. Komposisi. Flores-Ende: Nusa Indah.
Harris, P. 1974. Testing English as a Second Language. New York: Tata McGraw-Hill.
Heaton, J.B. 1983. Writing English Language Texts. Singapore: Longman Gr.
Hughes, Athur. 1990. Testing for Language Teachers. New York: Cambridge University Press.
Imam Syafi’e. 1993. Terampil Berbahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Madson, Harold S. 1983. Techniques in Testing. New York: Oxford University Press
Mansoer Pateda. 1991. Linguistik Terapan. Ende-Flores: Nusa Indah.
McCrimmon, James. 1976. Writing with a Purpose. Boston: Houghton Mifflin Company.
Mulyanto Sumardi (ed). 1992. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Morgan, Clifford T. 1986. Introduction Psychology. New York: McGraw-Hill Book Copany.
Oxford, Robecca L. 1996. Integrating The Language. Great Britain: Pergamom. Ramlan. 1983. “Penyusunan Tata Bahasa Struktural Bahasa Indonesia”. Pedoman Penulisan Tata Bahasa. Ed. Yus Rusyana dan Samsuri. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kedbuadayaan.