PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN LEMBAGA PEMERINTAHAN DESA PADA SISWA KELAS IVSDN NO.14 SENTEBANG MELALUI PENGGUNAAN METODE OUTDOOR ACTIVITY KECAMATAN JAWAI KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Suriana Guru SD Negeri 14 Sentebang, Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas
Keywords: Metode Outdoor Activity,Lembaga Pemerintahan Desa,Pembelajaran PKn

Abstract

Strandar kompetensi dasar mata pelajaran PKn di sekolah dasar mengharapkan siswa dapat memahami dan mampu menghayati lembaga pemerintahan desa sehingga menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sebagaimana diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.Agar pembelajaran lebih optimal, maka media pembelajaran harus efektif dan selektif dengan disesuaikan dengan keadaan peserta didik pada saat proses belajar. Berdasarkan pangalaman dan pengamatan penulis serta Outdoor Activity dengan teman sejawat, bahwa di kelas IV SDN No. 14 Sentebang Tahun Pelajaran 2017/2018, menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) aktifitas siswa dalam proses pembelajaran PKn masih terbatas, (2), interaksi antar siswa tidak tampak, (3) keberanian peserta didik untuk menyampaikan pendapat maupun menjawab pertanyaan dari guru sangat kurang, dan (4) hasil belajar mata pelajaran PKn masih rendah. Permasalahan di atas harus dicari alternatif solusinya dan harus cepat diatasi. Maka dari itu penulis melakukan model pembelajaran melalui pendekatan Outdoor Activity dengan media gambar. Belajar Outdoor Activity siswa belajar bersama, saling menyumbang pemikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Sistem pembelajaran Outdoor Activity merupakan sistem pengajaran yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas terstruktur. Pembelajaran Outdoor Activity dikenal dengan pembelajaran secara berkelompok.

References

Ahmad, Djauzak, 1996, Pedoman Pelaksanaan PBM di SD, Jakarta: Depdikbud.
Adnan, Warsito, 2003, PKn, Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Depdikbud, 1994, Kurikulum Pendidikan Dasar, Jakarta: Depdikbud.
-------- ---, 1996, Materi Latihan Kerja Guru PKn, Jakarta: Depdikbud.
-----------, 1999, Suplemen Kurikulum Pendidikan Dasa,r Jakarta: Depdikbud.
-----------1999, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar kelas V Sekolah Dasar, Jakarta. Depdikbud.
Djamariah, BS dan Azwan Zain, 1997, Startegi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Engkoswara, 1996, Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah Untuk Angka Kredit Guru , Bandung: Karangsewu.
Keraf, Gorys, 1994, Komposisi, Flores: Nusa Indah.
Moleong, Lexy J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rusyan, Tabrani, 1992, Penuntun Belajar Yang Sukses, Bandung: Penerbit Nine Karya Jaya.
Sri Wilujeung, Dyah, dkk, 1996, Perangkat Pembelajaran PKn SD, Jakarta: Tim Penatar PKn.
Undang, Gunawan, 1998, Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar, Bandung: Siger Tengah.
Published
2020-06-04