-
Topik
Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.
Keywords:
Penjaminan Mutu, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar
Abstract
Manajemen mutu pendidikan merupakan manajemen yang beroritansi pada kepuasan stakeholder selaku pemakai pendidikan tetutama lulusan yang dalam kegiatannya dapat diupayakan berdasarkan kerjasama antara pihak internal dan eskternal yang saling berkesinambungan. Oleh karena itu, hubungan secara langsung dalam proses pendidikan merupakan faktor utama untuk menciptakan mutu pendidikan (lulusan) yang berkompeten; dalam proses penciptaan mutu pendidikan memerlukan kepekaan dan identifikasi yang sangat matang serta menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan yang menghasilkan sebuah organisasi yang saling membutuhkan antara satu dengan lainnya untuk menjawab tantangan era globalisasi yang kompetitif. Sedangkan implementasi manajemen mutu terpadu dalam lembaga pendidikan Islam khususnya di madrasah harus memperhatikan beberapa konsep mencakup; lembaga pendidikan harus ada perbaikan secara terus-menerus untuk perkembangan selanjutnya; visi, misi dan tujuan harus jelas sehingga target yang ingin dicapai sesuai standard mutu dan dapat mengisi kebutuhan stakeholders di lapangan dengan memperhatikan sikap saling menghargai, kerja sama yang kuat dan adanya pengawasan organisasi yang berorientasi pada masa depan
References
Ali, Attabik. 2003. Kamus Inggris-Indonesia-Arab, Yogyakarta: Mukti Karya Grafika Arcaro, Jerome S. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan Dan Tata Langkah Penerapan, Yogyakarta: PT Pustaka Eliyasin, Muhammad. dan nanik Nurhayati. 2012. Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aditya Media Publishing Fahmi, Agus dan Manshur Ghani Sanusi. 2006. Konsep Pendidikan Modern, Surabaya: SMA Khadijah Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama, Cet. Ke-II Johannes P, Immanuella Dean. 2012. Judul artikel: Pendidikan Kebangsaan Untuk Semua Kelas Sosial: Pemerataan Kualitas Mutu Pendidikan. Fajar Forum RBC, 1 Januari 2012, ISSN 2089-8622 Maimun, Agus dan Agus Zaenul Fitri, 2010. Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, Malang: UIN Pers Maksum. 1999. Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu Maulana, Achmad. 2001. Kamus Ilmiah populer Lengkap, Yogyakarta: Absolut Mulyadi. 1998. Total Quality Manajemen, Yogyakarta: UGM Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Jakarta: Ghalia Indonesia Padil, Moh dan Anggah Teguh Prastyo. 2011. Strategi Pengelolaan SD/MI Visioner, Malang: UIN Maliki Pers Qamar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengolahan Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga Rahman, Nur Ali. 2005. Manajemen Perencanaan Peningkatan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi Agama Islam, Malang, El-Jadid, Jurnal Ilmu Pengetahuan Islam, Vol 2 No. 4 Januari 2005
Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. 2009. Education Management: Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Saleh, Abdul Rachman. 2006. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa: Visi, Misi, dan Aksi, Jakarta: Rajawali Pers