PENGGUNAAN METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 39 SEJIRAN KECAMATAN TEBAS TAHUN PELAJARAN 2018-2019

  • Kamil, Parni dan Siti Hasanah Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.
Keywords: Metode Group To Group Exchange, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

embelajaran aktif merupakan salah satu model pembelajaran yang mengajak peserta didik berperan penting dalam proses pembelajaran sedang berlangsung. Salah satu pembelajaran yang aktif yaitu Group To Goup Exchage (GGE) atau pertukaran kelompok dengan kelompok. Setiap kelompok mengajarkan kepada peserta didik lain apa yang ia pelajari. Metode GGE merupakan pembelajaran yang menerapkan langkah cepat, menyenangkan, mendukung dan menarik hati. Metode GGE adalah memberikan tugas berbeda kepada para kelompok peserta yang kemudian setiap kelompok “mengajarkan” apa yang dipelajari kepada semua kelompok peserta. Metode GGE ini menuntut peserta didik untuk selalu aktif dalam pembelajaran, dan diminta untuk saling mengajarkan kepada sesama peserta didik

References

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Abbas, Abu. 2009. Tafsir Al-Quran Al Karim. Departemen Agama RI.
Almadiani, Yani. 2012. Penerapan Metode GGE untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII MTN Dalu-Dalu. Pekanbaru: Skripsi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Agung, Leo & S. Sri Wahyuni. 2013Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Direktor Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Adnan & Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabet.
Daldjoeni, N. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Dasar. Bandung: Alumni.
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Daftar Nilai Kelas V SDN 39 Sejiram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019.
Dimyati & Mudjono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar mengajar. Jakarta Rineka Cipta.
Arini, Dwi Okta. 2015. Pengaruh Strategi pembelajaran Metode GGE terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN 1 Pekutatan. Skripsi Universitas Ganesha Singaraja.
Harjanto. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harisandy, Ruly. 2015. Peningkatan Belajar Siswa Kelas XI Mapel Pengendali Daya Tegangan Rendah Melalui Metode Kooperatif GI. Yogyakarta: Skripsi UNY.
Hardi, Lio. 2016. Bimbingan Orangtua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak pada Mata Pelajaran PAI Kelas V di SDN 09 Sabaran Sungai. Skripsi: IAIS Muhammad Syafiuddin Sambas.
Junus, Mahmud. 1977. Terjamah Al-Quran Al-Karim. Bandung: Alma’arif.
Mubarokah, Fatihatul. 2007. Proses Pembelajaran PAI untuk ABK di sekolah Inklusi SDN Kaligatuk Bantul. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Majid, Abdul 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
H, Mukminan Saliman. 2008. Teknelogi Informasi dan Media Pembelajaran. IPS. Yogyakarta: UNY.
Munadi, Sudji. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY.
Mulyasa. E. 2010. Mananjemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Murni, Atma. 2010. Penerapan Metode GGE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas X IPS 1 MAN 2 Pekan Baru. Jurnal Penelitian Pendidikan: Bandar Lampung.
Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Magdelena. 2018. Penilaian Pembelajaran. Jakarta: Atma Jaya.
Ngalim Purwanto, M. 1994. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Nurwani, Andi. 2004. Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa dalam Pelajaran Bahasa. Gorontalo: Jurnal IAIN Sultan Amai.
Poerwanti, Endang. 2001. Evaluasi Pembelajaran Modul Akta Mengajar. Malang: UUM Press.
Permendikmas RI. 2006.Nomor 22. Peraturan Manteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
Prayoga & Ayu Silvina. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Pembelajaran Aktif Menggunakan Strategi Group to Group Exchenge Melalui Bantuan Tutor Sebaya di Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Karanggeneng Lamongan. UNIPA Surabaya: jurnal semnas.
Ramdhan, Dadan. F. 2010. Pemilihan Materi Pelajaran. Jakarta: Rus Media.
Rosmaini dkk. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran GGE untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Kuatan Hilir. Riau: Jurnal Penelitian Pendidikan.
Pra Survey di SDN 39 Sejiram Kecamatan Tebas.
Rostina. 2017. Pengaruh Metode GGE Berbasis Ekperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Lembang. Makassar: Skripsi UIN Alauddin.
Rahman Guru kelas V di SDN 39 Sejiram Tahun Pelajaran 2018-2019.
Sutomo. 1985. Teknik Penilaian Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.
Suradisastra, Djodjo. 1991. Pendidikan IPS II. Jakarta: Depdikbud.
Soenarya, Endang. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Somantri, Numan. 2001. Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya,
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2008. Memahami penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Syamsudduhu, Sulastrininggsih, Djumingin. 2009. Perencanaan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Makasar: CV. Berkah Utami.
Sapriya. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyowati, Endah. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama
Saleh, Choirul dkk. 2013. Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Aparatur. Malang: Universitas Brawijaya Prees.
Santoso, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Jakarta: Suaka Media.
Siska, Yulia. 2016. Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.
Suharto. 2017. “Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Karakter,” dalam Jurnal Studi Sosial Gulawentah.Vol. 2, No 2.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa Cendekia.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Dasar No. 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1.
Wahidmurni. 2007. Metodologi Pembelajaran IPS Pengembangan Standar Proses Pembelajran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Wasliman. 2007. Modul Problematika Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI Press.
Wijayanto, Restu. 2014. Pengaruh Metode GGE untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Sikap Peduli Sosial pada Mapel IPS Kelas IV SDN 3 Pengasih Kulon Progo (Yogyakarta: Skripsi UNY.
Wahidi, Mas Kepala Sekolah SDN 39 Sejiram Tahun Pelajaran 2018-2019.
Published
2020-06-04
Section
Articles