PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB PERTIWI TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Ade nurhayati Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Saripah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Mauizatul Hasanah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Penggunaan, Media Flash Card, Perkembangan, Bahasa Pada Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang jelas tentang: 1) Untuk mengetahui perencanaan media flash card dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan media flash card dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi. 3) Untuk mengetahui evaluasi media flash card dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak usia dini kelompok B di KB Pertiwi, untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan fokus penelitian, peneliti mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpul datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Peneliti menggunakan dua teknik yaitu: Teknik triangulasi, teknik member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan:1)Perencanaan media flash card dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi yaitu: Menyiapkan materi, yakni materi yang akan dibahas dalam kegiatan belajar mengajar dengan media flash card, menyiapkan kartu belajar yang efektif mempunyai dua sisi dengan salah satu sisi berisi gambar, teks, atau tanda simbol dan sisi lainnya berupa definisi, keterangan gambar, jawaban, atau uraian yang membantu mengingatkan atau mengarahkan anak usia dini kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar yang ada pada kartu. Flash card biasanya disiapkan berukuran 8 X 12 cm, 25 X 30 cm. 2) Pelaksanaan media flash card dalam meningkatakan perkembangan bahasa pada anak kelompok B di KB Pertiwi yaitu: Pelaksanaan menggunakan media flash card antara lain: kartu-kartu tersebut jangan diberi nomor urut, kartu-kartu tersebut dibuat dalam ukuran yang sama, jangan memberi “tanda kode” apapun pada kartu-kartu tersebut, kartu-kartu tersebut terdiri dari “beberapa bahasan” dan dibuat dalam jumlah yang banyak atau sesuai dengan jumlah anak usia dini, materi yang ditulis dalam kartu-kartu tersebut, telah diajarkan dan telah dipelajari oleh anak usia dini. Media dapat digunakan untuk mengaktifkan anak usia dini dalam mempelajari materi yang bersifat konsep, karakteristik klasifikasi, fakta, dan mereview materi. 3) Evaluasi di KB Pertiwi yaitu: Hasil belajar anak usia dini dengan menggunakan media flash card meningkat dilihat dari berbahasa anak usia dini.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
-------------------------------. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Danim, Sudarwan. (2002). Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Departemen Agama Republik Indonesia. (1995). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Depag RI.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif; Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gunawan, Heri. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan dan Moedjiono. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muhibbin Syah. (2009). Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers.
Nata, Abuddin. (2009). Metodik Khusus Mengajar Agama, Semarang: Toha Putra.
Nawawi, Hadari. (1990). Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajahmada Universiti Press.
Nizar, Samsul. (2002). Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pres.
Rasyid, Harun. (1990). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Rosyid, Moh. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 7. Jakarta: Lentera Hati.
Soetjipto. (2004). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Thoha, Chabib. (1994). Dasar-dasar dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Tim Penyusun. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah Edisi Revisi. Sambas: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam.
Usman, Moh. User. (2009). Menjadi Guru Professional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Published
2024-07-29