PENERAPAN PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DI KELAS B KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA SIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang :1) Perencanaan pemberian reward untuk meningkatkan rasa percaya diri anak 2) Pelaksanaan pemberian reward untuk meningkatkan rasa percaya diri anak 3) Implikasi pemberian reward untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di kelas B Kelompok Bermain Tunas Bangsa Simpuan Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan pemberian reward untuk meningkatkan rasa percaya diri anak adalah menyiapkan RPPH, menentukan strategi pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan menyiapkan reward. Pelaksananaan pemberian reward untuk meningkatkan rasa percaya diri anak adalah melalui kegiatan belajar mengajar guru memberikan reward pin bintang kepada siswa yang tidak malu-malu atau percaya diri untuk maju kedepan kelas. Implikasi pemberian reward untuk meningkatkan rasa percaya diri anak adalah guru selalu memberikan contoh sikap mencerminkan rasa percaya diri, serta melakukan pengawasan dan selalu memberikan stimulus kepada anak agar anak lebih percaya diri. Dengan pemberian reward rasa percaya diri anak lebih meningkat seperti tidak malu-malu untuk tampil didepan kelas, tidak ragu untuk bertanya atau mengajukan pendapat dan dengan pemberian reward ini anak-anak lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan di kelas B Kelompok Bermain Tunas Bangsa.
References
Karunia&Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Khaironi, Mulianah. (2018). “Perkembangan Anak Usia Dini,” dalam Jurnal Golden Age Hamzanwadi University: Vol. 3, No. 1.
Lauster. (2002). Tes Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Moeloeng, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim M. (2009). Ilmu pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Satori, Djam’an & Komariah, Aan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.