PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DAN MENGGUNTING DI KELOMPOK BERMAIN AL-HUDA GALING TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Adiyati Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Novi Cahya Dewi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Astaman Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Peningkatan, Keterampilan Motorik Halus, Menggambar dan Menggunting

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting, mendeskripsikan langkah-langkah peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting dan evaluasi peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting dalam penyampaian pembelajaran dilakukan secara klasikal dalam mengerjakan tugas dilakukan secara kelompok. Langkah-langkah peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting dimulai dari tahap perencanaan yang dituangkan di dalam RPPH, tahap persiapan berupa alat dan bahan yang digunakan, tahap pelaksanaan dimulai dari pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan menggunting menggunakan skala penilaian BSB, BSH, MB, BB yang direkap secara harian dan menggunakan penilaian hasil karya anak.

References

Adisasmita, Rahardjo. (2011). Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Al-Mahalli. (2007). Imam Jalaluddin dan as-Suyuti, Tafsir Jalalain. Terj. Bahrun Abubakar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Asmawati, Luluk. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mayar, Farida. (2022). Seni Rupa untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Montolalu. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pusat Bahasa DEPDIKNAS. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Published
2024-08-08