PENERAPAN STIKER BINTANG SEBAGAI PENGHARGAAN UNTUK MENINGKATKAN ASPEK PERKAMBANGAN ANAK KELOMPOK B1 DI TKIT YA BUNAYYA DESA DALAM KAUM KECAMATAN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Stiker Bintang Sebagai Penghargaan Untuk Meningkatkan Aspek Perkambangan Anak Kelompok B1 Di TK Islam Terpadu Ya Bunayya Desa Dalam Kaum Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini memiliki dua tujuan, diantaranya adalah: 1) Mengetahui perencanaan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya. 2) Mengetahui pelaksanaan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya. 3) Mengetahui evaluasi penerapan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Petama, Perencanaan stiker bintang sebagai penghargaan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya yaitu dengan membuat RPP yang terdiri dari RPPH dan RPPM. Kedua, Pelaksanaan stiker bintang sebagai penghargaan untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya dibagi menjadi tiga yaitu: Pertama, tahap pendahuluan, guru menyapa anak dan mengucapkan salam, dilanjutkan dengan kegiatan Islam Terpadu, seperti berdoa sebelum belajar, membaca hafalan surah, doa dan hadist-hadist pendek sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kedua, tahap inti, guru menjelaskan materi pelajaran kepada anak usia dini sesuai RPPH. Ketiga, tahap penutup, guru memberikan stiker bintang pada anak yang belajar dengan baik, dilanjutkan dengan bernyanyi, membaca doa dan hadits, hingga terakhir doa penutup sebelum pelung. Ketiga, Evaluasi penerapan stiker bintang sebagai penghargaan oleh guru untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini di TKIT Ya Bunayya adalah evaluasi sumatif karena guru memberikan stiker bintang kepada anak yang mengikut pelajaran dengan baik diakhir pelajaran.
References
Amat. 2021. “Pertumbuhan, Perkembangan dan Kematangan Individu”, dalam Jurnal Society, Vol. 12, No. 1.
Ananda, Rusydi dan Tien Rafida. 2013. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Arifin. Zainal, Zakaria. 2016. Tafsir Inspirasi. Medan: Duta Azhar.
Bahri, Syaiful, Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiarjo. 2019. Implementasi Evaluasi Pembelajaran. Pandeglang: Rumah Belajar Matematika Indonesia.
Departemen Agama RI. 2009. Alquran dan Terjemahnya Special For Woman. Bandung: PT Sygma Examadia Arkanleema.
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamka, Buya. 1982. Tafsir Al-Azhar Juz I. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Hartati, Sofia. 2017. Pengembangan Model Asesmen Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak di DKI Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Severe, Sal. 2003. Bagaimana Bersikap Pada Anak Agar Anak Prasekolah Anda Bersikap Baik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Shihab, M.Quraish. 2009. Tafsir Al Misbah Volume 13. Jakarta: Lentera Hati.
Shodaq, Shabbany. 2019. Al-Qur’an Hafalan Mudah Terjemahan dan Tajwid Warna. Bandung: Cordoba.
Shodaq, Shabbany. 2019. Al-Qur’an Hafalan Mudah Terjemahan dan Tajwid Warna. Bandung: Cordoba.
Suhaimi, Ahmad. 2014. “Hakikat Reward and Punishment dalam Pendidkan Islam” dalam Jurnal Indo-Islamika, Vol. 4, No. 2.
Sumiyati. 2018. “Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini (Usia 0-12 Bulan)” dalam jurnal Al Athfal, Vol. 1, No. 1.
Suryana, Dadan. 2018. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tivani, Irene. 2016. “Evaluasi Program Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Tana Toraja”. Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar.
Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.