MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DI TK ISLAM SULTHONIYAH SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Fitriani Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Eliyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Asyruni Multahada Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Mengenal Angka, Permainan Engklek, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia Dini melalui Permainan Engklek di TK Islam Sulthoniyah Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini memiliki dua tujuan, diantaranya adalah: 1) Mengetahui kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 di TK Islam Sulthoniyah Sambas. 2) Mengetahui penerapan pengenalan angka 1-10 melalui permainan engklek di TK Islam Sulthoniyah Sambas. 3) Mengetahui hasil permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah Sambas. Penelitian ini menggunakan jenis fenomenologi sedangkan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kemampuan anak usia dini dalam mengenal angka 1-10 di TK Islam Sulthoniyah Sambas cukup baik. Karena, sebagian besar anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah sudah mengenal angka 1-10. 2) Penerapan pengenalan angka 1-10 pada anak usia dini melalui permainan engklek di TK Islam Sulthoniyah Sambas dibagi menjadi tiga tahap pelaksanaan. Pertama, persiapan dilakukan dengan menyiapkan media dan merapikan anak usia dini terlebih dahulu. Kedua, tahap pelaksanaan guru mengajak siswa untuk bernyanyi lagu tentang angka, dilanjutkan dengan permainan engklek dengan dimana guru menunjuk salah satu anak untuk bermain kemudian melompat ke kotak angka sesuai dengan guru sebutkan. Terakhir guru mengajak setiap anak usia dini bernyanyi dan menggunakan stiker angka untuk menunjukan lambing angka sesuai dengan yang disebutkan dalam lirik. Ketiga, tahap evaluasi guru menggunakan evaluasi sumatif berupa guru memberikan pertanyaan kepada setiap anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah sesuai dengan stiker angka yang diangkat oleh guru untuk mengetahui hasil pembelajaran anak. 3) Permainan engklek dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia dini di TK Islam Sulthoniyah Sambas memberikan pengaruh besar terhadap daya tangkap anak. Sehingga, anak usia dini di TK Sulthoniyah sebagian besar dengan cepat menghafal angka yang dikenalkan oleh guru.

References

Aisyah. 2022. “Mengenalkan Konsep Angka 1-10 Melalui Permainan Tradisional Engklek” dalam Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini, Vol. 07, No. 01.
Asih. Dwiana. Wiranti dan Diah Ayu Mawarti. 2018. “Keefektiffan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini,” dalam Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 9, No. 1.
Aziz, Abdul, Abdur Rauf. 2019. Al-Qur’an Hafalan Mudah Terjemahan & Tajwid Warna. Bandung: Cordoba.
Budianto dan Achmad. 2015. “Implementasi Teknolog Game untuk Pengenalan Angka pada Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Android,” dalam Jurnal Narodroid,Vol. 1, No. 2.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mas, Kadek Anggi Dwi Yasari, dkk. 2017. “Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Angka pada Kelompok B Di TK Bayu Kumdhalan Bubulan," dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol. 5, No.2.
Munib, Achmad dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Nurani, Yuliani, Sujiono. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Prasetyono, D Sunar. 2008. Biarkan Anakmu Bermain. Yogyakarta: Diva Press.
Shihab, M. Quraish. 2012. Tafsir Al-Misbah Vol. 6. Jakarta: Lentera Hati.
Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudono, Anggani. Dkk. 2009. Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Suraya, Dandan. 2018. Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Syah, Muhibbin. 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yudha M Saputra dan Rudyanto, Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Direktorat P2TK2PT.
Published
2024-09-23