MANAJEMEN KELAS PERSPEKTIF GENDER
Abstract
Manajemen merupakan tata kelola, tatalaksana atau pengaturan sesuatu secara baik dan benar. Gender merupakan pembedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hal non kodrati yakni pembedaan fungsi, peran dan tanggungjawab, adapun yang di maksud kodrati pada umumnya laki-laki dan perempuan adalah jenis kelamin dan alat reproduksinya. Adapun kelas merupakan ruang yang menjadi tempat atau wadah terlaksananya pendidikan baik secara formal maupun non formal, yang secara luas bisa disebut ruang dimana saja proses pembelajaran dilaksanakan. Adapun metode dalam penelitian ini kualitatif yang menekankan pada pemahaman dan pemaknaan dengan jenis penelitian deskripti fyaitu mendeskripsikan dan memaparkan tentang bagaimana manajemen kelas perspektif gender. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui dan menjelaskan bagaimana sesungguhnya manajemen kelas perspektif gender sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah manajemen kelas perspektif gender adalah pengaturan dan tata kelola proses belajar mengajar yang sangat memperhatikan aspek gender yang meliputi peran, fungsi dan tanggungjawab antaranya adalah kesamaan akses, manfaat, kontrol dan kesempatan berpartisipasi.