Implementasi Program Literasi ABC-ku untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di KB Bina Karya Desa Mensade Kecamatan Subah
Abstract
Kemampuan literasi pada anak harus dikembangkan sedini mungkin karena sebagai bekal untuk menjalani pendidikan di jenjang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Literasi ABC-ku untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelompok B KB Bina Karya Desa Mensade Kecamatan Subah yang berjumlah 11 orang. Siklus pada penelitian ini terdiri dari 4 komponen, yakni plan, act, observe dan reflect. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan literasi pada siswa setelah diterapkan program Liteasi ABC-ku. Hasil tindakan pada siklus I menunjukan bahwa 2 siswa (22%) sudah masuk kategori BSB yang dilakukan melalui kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel. Sedangkan, hasil tindakan pada siklus II menunjukan bahwa 5 siswa (55%) sudah mencapai kategori BSB yang dilakukan menggunakan kegiatan kolase dan meronce. Guru harus terus mengembangkan program Literasi ABC-ku agar kemampuan litrasi siswa KB Bina Karya semakin meningkat.
References
Aryani, R., Susanti, A., Fatchurrohman, L., Yuliana, N., Nurkamisah, Handayani, D., Elliza, Naif, M., Purwanti, E., Babys, I., Nureda, Tanjung, D., & Syarifah, R. (2023). Bunga Rampai Manajemen PAUD : Sebuah Pengembangan Manajemen dari Para Pendidik Anak Usia Dini. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=bnfXEAAAQBAJ
Damayanti, A., Nisa, S. C., Soleha, S., Nurfadhilah P S M, Kholilah, Satiyah, Lukman, M., Hasnia, S. S., Khotimah, K., & Lia Ruswiyati, S. P. (2024). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=TysfEQAAQBAJ
Fatonah, N. (2022). Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Cahaya Smart Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=ikhmEAAAQBAJ
Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?id=tyg_EAAAQBAJ
Marwany, & Kurniawan, H. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis, dan Berpikir Anak. Hijaz Pustaka Mandiri. https://books.google.co.id/books?id=w_lZEAAAQBAJ
Putri, I. P., Fitri, Z. Z., Putri, S. G., Kamil, N., & Kamil, N. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Asesmen Pembelajaran Anak Usia Dini. Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=FXjKEAAAQBAJ
Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif’an, A., & Ardian. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=zeM3EAAAQBAJ
Sukardi. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=TuSCEAAAQBAJ