Implementasi Program Literasi ABC-ku untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di KB Bina Karya Desa Mensade Kecamatan Subah

  • Asyruni Multahada
Keywords: Program; Kemampuan Literasi; Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan literasi pada anak harus dikembangkan sedini mungkin karena sebagai bekal untuk menjalani pendidikan di jenjang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Literasi ABC-ku untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelompok B KB Bina Karya Desa Mensade Kecamatan Subah yang berjumlah 11 orang. Siklus pada penelitian ini terdiri dari 4 komponen, yakni plan, act, observe dan reflect. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan literasi pada siswa setelah diterapkan program Liteasi ABC-ku. Hasil tindakan pada siklus I menunjukan bahwa 2 siswa (22%) sudah masuk kategori BSB yang dilakukan melalui kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel. Sedangkan, hasil tindakan pada siklus II menunjukan bahwa 5 siswa (55%) sudah mencapai kategori BSB yang dilakukan menggunakan kegiatan kolase dan meronce. Guru harus terus mengembangkan program Literasi ABC-ku agar kemampuan litrasi siswa KB Bina Karya semakin meningkat.

References

Anita, Yudha, R. P., Rahayu, A., Rohimah, S., & Sepriani, R. (2023). Penguatan Literasi Anak Usia Dini Belajar Dan Bermain Berbasis Buku. Deepublish Digital. https://books.google.co.id/books?id=VfNJEQAAQBAJ
Aryani, R., Susanti, A., Fatchurrohman, L., Yuliana, N., Nurkamisah, Handayani, D., Elliza, Naif, M., Purwanti, E., Babys, I., Nureda, Tanjung, D., & Syarifah, R. (2023). Bunga Rampai Manajemen PAUD : Sebuah Pengembangan Manajemen dari Para Pendidik Anak Usia Dini. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=bnfXEAAAQBAJ
Damayanti, A., Nisa, S. C., Soleha, S., Nurfadhilah P S M, Kholilah, Satiyah, Lukman, M., Hasnia, S. S., Khotimah, K., & Lia Ruswiyati, S. P. (2024). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=TysfEQAAQBAJ
Fatonah, N. (2022). Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Cahaya Smart Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=ikhmEAAAQBAJ
Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management. https://books.google.co.id/books?id=tyg_EAAAQBAJ
Marwany, & Kurniawan, H. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis, dan Berpikir Anak. Hijaz Pustaka Mandiri. https://books.google.co.id/books?id=w_lZEAAAQBAJ
Putri, I. P., Fitri, Z. Z., Putri, S. G., Kamil, N., & Kamil, N. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Asesmen Pembelajaran Anak Usia Dini. Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=FXjKEAAAQBAJ
Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif’an, A., & Ardian. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=zeM3EAAAQBAJ
Sukardi. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=TuSCEAAAQBAJ
Published
2025-06-29