PENDEKATAN HUMANISTIK PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 LUMAJANG

  • Muhammad Hendra Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Miftahul Ulum Lumajang
Keywords: Pendidikan Agama Islam, humanistik, pendekatan

Abstract

ABSTRACT

The concept of humanistic education is education that has principles to humanize humans such as education that explores, respects, serves, and helps students develop their potential with the aim of making students a generation that is intelligent, religious and has good character. Education has many obstacles and very complex problems. Various factors including the development of science and technology have led to changes in the behavior of adolescents, especially high school students, who commit crimes such as immoral crimes and so on. This moral degradation causes PAI teachers to try to educate students not to be carried away by the current of modernization which has a negative impact by instilling religious values. However, in reality, many people think that PAI is not important. A different phenomenon occurs in one high school in Lumajang City, namely SMAN 1 Lumajang. Where students really like PAI lessons because learning PAI at school is carried out with a humanistic approach. This journal discusses the implementation of the humanistic approach in Islamic Education lessons and also the constraints and reasons for using humanistic theory in Islamic Education learning. The research method used is qualitative research methods.

Keywords: Approach, Humanistic, Pendidikan Agama Islam

ABSTRAK

Konsep pendidikan humanistik adalah pendidikan yang memiliki prinsip untuk memanusiakan manusia seperti pendidikan yang menggali, menghargai, melayani, dan membantu siswa mengembangkan potensi yang dimiliki dengan tujuan agar siswa menjadi generasi yang cerdas, religius dan berakhlakul karimah. Pendidikan banyak mengalami kendala dan permasalahan yang amat komplek. Berbagai faktor termasuk perkembangan IPTEK menyebabkan perubahan tingkah laku remaja khususnya siswa/siswi SMA banyak melakukan tindak kriminalitas seperti kejahatan asusila dan sebagainya. Degradasi moral inilah yang menyebabkan guru PAI berusaha untuk mendidik murid agar tidak terbawa dengan arus modernisasi yang membawa dampak negatif dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan. Namun pada kenyataannya banyak yang menganggap pelajaran PAI itu tidak penting. Fenomena berbeda terjadi pada salah satu SMA di Lumajang yaitu SMA Negeri 1 Lumajang. Dimana para siswa sangat menyukai pelajaran PAI karena pembelajaran PAI disekolah tersebut dilakukan dengan pendekatan humanistik. Jurnal ini membahas mengenai implementasi pendekatan humanistik pada pelajaran PAI dan juga kendala serta alasan menggunakan teori humanistik dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.

Kata Kunci : Pendekatan, Humanistik, Pendidikan Agama Islam

References

Abdul Hadis. Psikologi Dalam Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2006)
Ali Hasan dan Mukti Ali. Kapita Selekta Pendidikan Islam. (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2009)
Asri Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: PT Rikena Cipta, 2012)
Baharuddin dan Moh Makin. Pendidikan Humanistik, Konsep, Teori, dan Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan. (Yogyakarta: AR-Ruzzmedia, 2009)
Dakir. Dasar-dasar Psikologi. (Jakarta: Pustaka Pelajar, 1993)
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008)
Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2010)
Nana Sudiana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT Sinar Baru Algensindo, 2007)
Nurul Hidayat. Al-Qur’an Mushhaf Firdausi, Terjemahan Kemenag RI. (Bandung :Terjemahan Kemenag RI, 2010)
PDF, Skripsi. implementasi pendidikan humanistik, (STAIN SALATIGA: 2013)
Rachman Assegaf. Filsafat Pendidikan Islam, Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011)
Ratna Syifa’a Rachmahana,“Teori Humanistik”, Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan, El-Tarbawi, Jurnal Pendidikan Islam. 1.1, (2008)
Sukmadinata dan Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung: Cet. IV, Remaja Rosdakarya, 2007)
Uci Sanusi. Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik, Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. (2013)
Wahyu Firmansyah. 2012. Skripsi, Penggunaan Pendekatan Humanistik Model Mangunwijaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sains. Malang: UM Malang
Published
2021-07-01