KONSEP DAN MODEL PEMBELAJARAN TADZKIRAH DALAM PENANAMAN AKHLAK KEPADA ANAK DIDIK UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN MANUSIA YANG BAIK

  • Husaini Husaini Pengawas PAI Kabupaten Sambas, Indonesia
Keywords: Concepts, Models, Learning, Tadzkirah, Instilling Morals, Personality.

Abstract

Tadzkirah learning model is a model of moral cultivation to students with several steps, including; Show Examples, Direct (Give Guidance, Encourage (Give Motivation), Zakiyah (Clean), Continuity (Process of Habituation, Remind, Repetition and Reflection, Organize, Heart-Hepar). the universe and its contents, Responsibility, discipline and independence, Honesty, Respect and courtesy, Compassion, care and cooperation, Confident, creative, hard work, and never give up, Justice and leadership, Kind and humble, Tolerance, and love of peace and unity.

References

A.K., Ahmad Muda., Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher. 2006.
al-Thaumy al-Syaibany, Omar. Falsafah Pendidikan Islam, terj. Bulan Bintang, Jakarta, 1979.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Aslan. (2019a). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34. http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Aslan. (2019b, Januari 17). Pergeseran Nilai Di Masyarakat Perbatasan (Studi tentang Pendidikan dan Perubahan Sosial di Desa Temajuk Kalimantan Barat) [Disertasi dipublikasikan]. Pasca Sarjana. https://idr.uin-antasari.ac.id/10997/
Aslan, A., & Setiawan, A. (2019). InternalIzatIon of Value educatIon In temajuk-melano malaysIa Boundary school. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(2).
Aslan & Hifza. (2020). The Community Of Temajuk Border Education Values Paradigm On The School. International Journal of Humanities, Religion and Social Science, 4(1), 13–20.
Aslan, Setiawan, A., & Hifza. (2019). Peran Pendidikan dalam Merubah Karakter Masyarakat Dampak Akulturasi Budaya di Temajuk. FENOMENA, 11(1), 11–30. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1713
Atjeh, Abu Bakar. Filsafat dalam Islam. Semarang: CV. Ramadhani, 1971.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
http://hjrajihah.blogspot.co.id/2015/06/model-pembelajaran-tadzkirah.html.
http://muhammadyusufstia.blogspot.co.id/2012/10/artikel-kasus-asusila.html.
http://mustanginbuchory89.blogspot.co.id/2015/06/penanaman-nilai-nilai-agama-islam.html.
Koentjaraningrat, Metode Penelitian Masyarakat Cet. Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 1997.
Koentjaraningrat, Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Pustaka Gramedia Utama. 1993.
Langulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan,. Jakarta Al-Husna Zikra. 1995.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Mubarak, Zakky, dkk. 2008. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi, Buku Ajar II, Manusia, Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat. Depok: Lembaga Penerbit FE UI.
Qomar, Mujamil. Kesadaran Pendidikan: Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media. 2012.
Suprayogo, Imam & Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Zainul, Agus Fitri. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media. 2012.
Zayadi, Ahmad, Abdul Majid, Tadzkirah pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontektual. Jakarta: Raja Grafindo Perada. 2005.
Published
2022-02-16
Section
Articles