PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME

  • Barkatillah Barkatillah STAI Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai Kalimantan Selatan, Indonesia
Keywords: Islamic Education, High School, Radicalism.

Abstract

Islamic education in high school should be able to counteract radicalism through the application of the values of Tawasuth, tawazun, I'tidal and Tasamuh. Therefore, the application of the values above is through IO (Instructional Objectives), EB (Entering/Entry Behavior), IP (Instructional Procedures) and PA (Performance Assessment).

References

A. Rubaidi, Radikalisme Islam, Nahdatul Ulama masa depan moderatisme Islam di Indonesia, Yogyakarta, Logung Pustaka, 2007.
A.S Hornby, oxford advanced, Dictionari of current English, UK: Oxford University Press. 2000.
Abdur Rahman Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi dan Isi–Materi. Jurnal Eksis, VIII 2012.
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Al-Ma’arif, cet VII, Bandung: 1993.
Ahmad Tafsir Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
Aslan. (2018). Kajian Kurikulum Fiqih Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat Pada Masyarakat Perbatasan. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(2), 115–124.
Aslan, A., & Rusiadi, R. (2021). PEMBINAAN KHUTBAH DAN IMAM SHALAT JUM’AT PADA MASYARAKAT DESA SEBANGUN. PKM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–10.
Aslan, Hifza, Syakhrani, A. W., Syafruddin, R., & Putri, H. (2020). CURRICULUM AS CULTURAL ACCULTURATION. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.36526/santhet.v4i1.860
Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1990.
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memeahami Psikologi Anak Usia SD,SMP Dan SMA.Bandung;Rosda 2009..
Djam’an Satori, dkk. Profesi Keguruan. UT. Jakarta:2008 .
Feisal, Jusuf A. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press 1995
Hamdan, M.Pd, Pengembangan dan Pembinanaan Kurikulum(Teori dan Praktek Kurikulum PAI), Banjarmasin, 2009.
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra. 2000.
-----------------------, Manusia dan Pendidikan. Jakarta: PT. Pustaka Al-Husna Baru.2004
https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/05/160519_indonesia_lapsus_radikalisme_anakmuda_sekolah
Ismail hasani dan bonas Tigor Naipospos, radikalisme Agama di jabotabek dan jawa Barat Implikasinya terhadap Jaminan kebebasan Beragama/berkeyakinan, Jakarta: Pustaka Masyarakat Satara, 2010.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan, Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti edisi revisi, Jakarta: Kementerian pendidikan dan kebudayaan, 2018.
Khammani Zada, Islam radikal, Pergulatan ormas-ormas Islam garis keras di Indonesia. Jakarta; Teraju 2002.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Edisi I, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000, Cet. V.
Mark Juergensmeyer, Teror atas nama, Jagakarsa. Jakarta Selatan: Nizam Pers, 2000, hal 5.
Mohammad Athiyah al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj, Bustami A. Gani dan Djohar Bahry, Jakarta : Bulan Bintang,1984,
Muhammad Fadhil Al-Jamaly, Nahwa Tarbiyat Mukminat, Tunisiyah, L Syirkah-Al Tunisiyiah li al Tauzi 1, 1997.
Muhyidin Abdusshomad, Hujjah Nu Akidah –Amaliyah -Tradisi .Surabaya: khalista 2008
Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.; Bandung: Remaja Rosdakarya.2007.
Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta 1999,
Purwakania Hasan. Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia Dari Prakelahiran Hingga Pasca Kematian.Jakarta:Rajawali Pers,2006..
Quraish Shihab. Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Qur’an.Bandung: Mizan. 2007..
Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013
Salinan PP No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
Salinan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS
Sri Anitah. Strategi Pembelajaran di SD.: UT. Jakarta 2009
Tim Mitra Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial: Sosiologi .Jakarta: Erlangga.2006.
Yusuf Al-Qardawi, Al Shahwah al-islamiyah bayn al-juhud wa al-Tattaruf. Cairo: bank al-Taqwa. 1406 H
Zuhairini, dkk. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
Published
2022-03-04
Section
Articles