INOVASI PELAYANAN PAJAK MELALUI SMART TAX DI BAPENDA KOTA PEKANBARU

  • Naada Rizki Syahdilla Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Universitas Riau, Indonesia
  • Zulkarnaini Zulkarnaini Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Universitas Riau, Indonesia
Keywords: Innovation, Tax Service, Smart Tax.

Abstract

The Smart Tax application is an innovation of local tax services issued by the Pekanbaru City BAPENDA to improve local tax services that make it easier for taxpayers to get the desired local tax services. However, there are obstacles in implementing regional tax service innovations through Smart Tax at the Pekanbaru City BAPENDA, such as the limitations of downloading the Smart Tax application and there are still many taxpayers who do not know this Smart Tax application. This study aims to determine whether the innovation of tax services through Smart Tax at BAPENDA Pekanbaru City has been running well or not. The theory used in this study is the theory of innovation by Rogers in Suwarno with five indicators, namely relative advantage, suitability, complexity, trialability, and ease of observation. This research method uses qualitative methods with data collection techniques based on observations, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the innovation of tax services through Smart Tax at BAPENDA Pekanbaru City has not gone well. The factors that hinder the implementation of this program are the server and downloading the Smart Tax application still limited and lack of budget for socialization of Smart Tax application in Pekanbaru City.

References

Buku
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif Edisi Kedua (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Indrajit, R. E. (2002). Membangun Aplikasi E-Government. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.
Indrajit, R. E. (2006). Electronic Government: Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet Dan Teknologi Informasi. Jakarta: APTIKOM.
Mokamat. (2009). Analisis faktor yang mempengaruhi Efektivitas Penarikan Pajak. Semarang: Universitas Diponeoro.
Rokhman, A. (2008). Prospek dan Hambatan Penerapan E-Government di Indonesia. Inovasi Online.
Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN.

Skripsi dan Jurnal
Agustia, I. (2017). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Secara Elektronik (E-Billing) Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Tampan. Jurnal Onlina Mahasiswa, Vol 4 No 2, 1-15.
Aprianti, D. R. (2016). Penerapan Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 4 No 4, 1589-1602.
Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informatika Di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikum Indonesiana, Vol 3 No 1, 66-77.
Bagoes Irawan Krishardianto, D. S. (2012). Kinerja Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kepada Masyarakat. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret. Vol 1 No 2, 1-9.
Danang Kusnadi, J. M. (2017). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan Dan Potensi Kelurahan (Studi Kasus : Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Pringsewu). Jurnal TAM, Vol 5 No 6, 37-44.
Janwar Bingku, P. R. (2016). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, Vol 3 No 4, 1-11.
Larasati, D. C. (2020). Inovasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (Sampade) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, Vol 9 No 1, 9-15.
M. Ricky Sofian Hasibuan, B. &. (2021). Implementasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Pada Kecamatan Medan Tembung Kota Medan . Perspektif, Vol 10 No 2, 578-598.
Mochamad Rendy Ramadhana, E. H. (2020). Inovasi Aplikasi Gobis (Golek Bis) Di Dinas Perhubungan Kota Surabaya. PUBLIKA. Vol 8 No 3, 1- 5.
Nasikhah, M. A. (2019). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, Vol 1 No 1, 26-37.
Okatvya, A. A. (2015). Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol 3 No 3, 1433 - 1447.
Rahman, H. (2016). Implementasi Kebijakan Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamuju Utara . e Jurnal Katalogis, Vol 4 No 5, 24-36.
Usy Tiranika, M. (2020). Inovasi Pelayanan Superone (Surat Pengantar Online) Di Kecamatan Candisari Kota Semarang. Dialogue Jurnal Administrasi Publik, Vol 2 No 2, 160-175.
Wulan Wurnongo, A. D. (2019). Implementasi Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (Pbb-P2) Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Kabupaten Barito Kuala. JPP: Jurnal Ilmu Administrasi Publik dan Pembangunan, Vol 1 No 1, 1-17.

Peraturan
Surat Edaran Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia No.3 Tahun 2016 Tentang Penyediaan Layanan Aplikasi Dan Atau Konten Melalui Internet
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik
PP No. 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerahdengan Menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik/ETPD
Perwako No. 87 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan E-Government Melalui Aplikasi Integrasi Di Lingkungan Pemko

Dokumen
Laporan Ketetapan PBB-P2 Tahun 2021
Laporan Ketetapan PBB-P2 Tahun 2022
Dokumen Smart Tax 2022
Dashboard Pendaftaran Pajak Daerah Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru
Published
2022-08-10