vrba Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab
Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Bahasa Arab
Abstract
Pembahasan mengenai penilaian tentu tidak terpisahkan lagi dari proses belajar mengajar selama satu semester atau setengah semester. Hasil belajar yang baik juga ditentukan dengan penilaian yang baik pula dalam arti objektif sesuai kenyataan, oleh karena itu dalam penilaian diperlukan kesahihan yang mutlak. Artikel ini dikaji menggunakan metode penelitian pustaka (library research) guna mengungkap instrument tes yang valid dan reliable. Berdasarkan kajian putaka yang dilakukan, setidak-tidaknya ada empat ciri atau karakteristik yang harus dimiliki dalam tes belajar, sehingga tes tersebut dapat dinyatakan sebagai tes yang baik, yaitu: (1) valid (sahih= صحيح); (2) reliabel (tsabit= ثابت); (3) obyektif (maudu’iy= موضوعى); dan (4) praktis (‘amaliy= عملي). Namun pembahasan makalah ini fokus pada dua hal yaitu (1) valid (sahih= صحيح) dan (2) reliabel (tsabit= ثابت).