STRATEGI PEMBELAJARAN DEDUKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
In learning, educators must have strategies in learning. This has a great impact on achieving learning objectives. One of the learning strategies is a deductive learning strategy. This strategy is the learning steps taken by educators starting with a known concept to the concept of implementing. The point here is that this strategy begins with the teacher's explanation and the examples given by the teacher, then the students digest the material and make their own examples or do assignments as a means of measuring understanding. In learning Islamic religious education (PAI) this deductive learning strategy is very suitable to be applied because the material starts from the main things and then to the specific things. The deductive learning strategy collects a pattern that is in accordance with the psychological rules of students, it creating learning motivation, known as internal elements, and channeling students’ behavior towards learning objectives under guidance of educators which is known as external elements. Hopefully it can add insight to the reader because this article will discuss deductive learning strategy in full with qualitative literature methods.
Keywords: Strategies; Learning Strategies; Deductive Learning Strategy
ABSTRAK
Pada pembelajaran pendidik harus memiliki strategi dalam pembelajaran. Hal ini memiliki dampak yang besar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran deduktif. Strategi ini adalah langkah-langkah pembelajaran yang diambil oleh pendidik yang dimulai dengan konsep yang diketahui kepada konsep mengimplementasikan. Maksudnya disini adalah strategi ini dimulai dengan penjelasan pendidik dan contoh-contoh yang diberikan pendidik, kemudian peserta didik mencerna materi tersebut dan membuat contoh tersendiri atau mengerjakan tugas sebagai alat ukur pemahaman. Dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) strategi pembelajaran deduktif ini sangat cocok untuk diterapkan karena materinya dimulai dari hal-hal pokok kemudian kepada hal yang khusus. strategi pembelajaran deduktif itu mengumpulkan suatu pola yang berkesesuaian dengan kaidah psikologi peserta didik yaitu menimbulkan motivasi belajar sebagai unsur internal, dan menyalurkan prilaku ke arah tujuan pembelajaran yang dibimbing oleh pendidik terhadap pseserta didik yang termasuk sebagai unsur eksternal. Semoga dapat menambah wawasan kepada pembaca karena pada artikel ini akan membahas tentang strategi pembelajaran deduktif secara lengkap dengan metode kualitatif kepustakaan.
Kata Kunci: Strategi; Strategi Pembelajaran; Strategi Pembelajaran Deduktif