PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-HIKMAH SIDANG KECAMATAN TEBAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Surti Surti Alumni Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Parni Parni Insitut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Indonesia
Keywords: Family Communication, Learning Motivation

Abstract

Family communication has a very important role in the learning process of children. One of the most basic functions of communication is to educate. Therefore, family communication plays an important role, one of the factors to increase children’s motivation to learn. This study aims to answer the formulation of problems related to “Is there an influence between family communication on the learning motivation of class VI student at MIS Al-Hikmah Sidang Tebas District Academic Year 2020/2021. This research was conducted with a quantitative approach with the associative method, namely knowing the effect or the relationship between Family Communication (X) and learning motivation (Y). The results of this study indicate that the family communication variable has a positive effect on learning motivation by 28,7% and the remaining 71,3% is influenced by other factors.

References

Adnan Mahdi & Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Afrianto, Agus. 2017. “Hubungan Intensitas Komunikasi Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Mawardi Kaliwungu Kabupaten Kendala. Jakarta: Universitas Negeri Semarang.

Arief, Ach. Soejono. 2007. Psikologi Pendidikan Anak Usia Sekolah. Pasuruan: Lentera.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta Ciputat Pers.

Aslan. (2017a). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105–119. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Aslan, A. (2017b). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BUDAYA PANTANG LARANG SUKU MELAYU SAMBAS. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 16(1), 11–20. http://dx.doi.org/10.18592/jiu.v16i1.1438

Liliana, L., Putra, P., & Aslan, A. (2021). THE STRATEGY OF TADZKIRAH IN IMPLEMENTING CHARACTERS AT MAN INSAN CENDEKIA SAMBAS. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–17.

Maesaroh, Akbar, B., Murwitaningsih, S., Elvianasti, M., & Aslan. (2020). Understanding Students Characteristics of Graduates in Biological Education Department (A Case StudyDone in Muhammadiyah University Prof. Dr. Hamka). International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(6), 1839–1845. https://doi.org/0.37200/IJPR/V24I6/PR260177

Chaplin, James. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEP.PEN. NASIONAL.

Devito. 2013. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Professional Book Fishbein.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Niaga Swadaya.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya: Fakta Penelitian Fenomenologi Orang Tua Karir dan Anak Remaja. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit J-ART.

Moekijat. 2003. Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Mufidah, Hilmi. 2007. Komunikasi Orang Tua dengan Anak dan Pengaruhnya terhadap perilaku Anak (Studi Kasus SMP Islam Al-Azhar 2 Pejaten Jakarta Selatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Rahmawati, Ika. 2016. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang. Malang: Universitas Negeri Maulana Malik.

Reber. 2010. Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridho, Sariyati Idni. 2015. Pengaruh Intensitas Komunikasi Anak dengan Orang Tua terhadap Regulasi Diri Siswi Kelas VIII Mts Raudlatul Ulum Putri Gondanglegi Malang. Malang: Universitas Negeri Semarang.

S. Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Setiawan, Rudy. 2018. Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Malang: CV Seribu Bintang.

Sudjana, Nana. 2002. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabet.

Suprajitno. 2004. Asuhan Keperawatan Keluarga, Aplikasi dalam Praktek. Jakarta: EGC.

Suyono. 2015. Regresi Linier Sederhana untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

W. Gulo. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiaasarana Indonesia.

Wibisono, Yusuf. 2009. Metode Statistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Published
2021-08-17