PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VIII SMPN 007 BAMBANG MAMASA

  • Jiltasari Jiltasari STKIP-Pembangunan Indonesia Makassar
  • Husain As STKIP-Pembangunan Indonesia Makassar
  • Ninah Wahyuni Amaliah STKIP-Pembangunan Indonesia Makassar
Keywords: Search Solve Create Share learning model, problem solving, learning outcomes.

Abstract

This classroom action research (CAR) includes planning, implementation, observation, and reflection activities carried out at SMPN 007 Bambang Mamasa. This study aims to improve Biology Science Learning Outcomes for Class VIII Students of SMPN 007 Bambang Mamasa, through the application of the SSCS Learning Model with a Problem Solving Approach. Data collection was carried out through student learning outcomes tests at the end of the cycle and student observation sheets at each meeting. The analysis used is qualitative and quantitative statistical analysis. The results of this study indicate that: the average score of the student learning outcomes test in the first cycle is 55.60 which is in the low category. The lowest score obtained by students is 35 and the highest score is 85 from the ideal score of 100. In the first cycle, 21 students did not complete and 4 students completed. Then in cycle II the average score of student learning outcomes test results has a very high increase, which is 78.60. Where the lowest score obtained by students is 60 and the highest score is 90 from the ideal score of 100. In the second cycle, 2 students did not complete and 23 students completed. This shows that using the SSCS learning model through a problem solving approach can improve student learning outcomes for class VIII SMPN 007 Bambang Mamasa Mamasa.

References

Basri, H. 2015. Paradigma Baru Sistem pembelajaran. Bandung. CV Pustaka Setia.
Corey. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar. Jakarta. Bumi Aksara
Deli, M. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII – 2 SMP Negeri 13 Pekan Baru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 4 Nomor 1, | ISSN: 2303-1514.

Damayanti, D.R. Catur, A. N. dan Yamtina, S. 2014. Upaya Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Disertai Hierarki Konsep Pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 4

Ermalinda dan paizaluddin. 2016. Penelitian Tindakan Kelas : panduan teoritis dan praktis Bandung : Alfabeta

Febriyanti, D. Ilyas, S. dan Nurmaliah, C. 2014. Peningkatan Keterampilan Generik Sains Melalui Penerapan Model SSCS (Search, Solve, Create And Share) Pada Materi Mengklasifikasikan Mahkluk Hidup Di MTsN Model Banda Aceh. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 13, Volume 6 Nomor 2, hal 43-47.

Hariyanto dan Suyono 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik. O. 2015. Paradigma baru Pembelajaran . Jakarta. Kencana Buana.
Kriswanto. B. 2016.“Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 tabulahan”. Skripsi. tidak diterbitkan. Makassar. Sekolah Tinggi Kejuruan dan Ilmu Pendidikan Pembangunan Indonesia (STKIP-PI) Makassar.
Lestari, P. 2013. Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve Create and Share) untuk Meningkatkan Disposisi Matematik Siswa. Skripsi. Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Priansa dan karwati, E. 2015. Manajemen Kelas. Bandung. Alfabeta
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Seprianus. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 007 Bambang Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat’’. Skripsi. tidak diterbitkan. Makassar. Universitas Veteran Republik Indonesia Makassar.
Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Suardi, M. 2016. Pengantar Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Jakarta. Indeks.
Syaputra, M. 2014. Penerapan Model SSCS (Search, Solve, Create, Share) Dengam Metode Eksperimen Pada Konsep Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPA 1 SMAN 4 Kota Bengkulu. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bengkulu . universitas Bengkulu.

Saldi, R. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 007 Bambang Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Bulat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Makassar. STKIP – YPUP.

Wahyuni, E.N. dan Baharuddin 2012. Teori belajar dan Pembelajaran. yogjakarta. Ar – Ruzz Media.
Yaumi . 2014. Prinsip – prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Published
2021-09-09