PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, GENDER, PENGALAMAN KERJA, DAN INSENTIF KINERJA AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT

  • Rizki Humaira Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Alfiati Silfi Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Nita Wahyuni Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
Keywords: Educational Background, Gender, Work Experience, And Auditor Performance Incentives

Abstract

This study aims to determine the effect of educational background, gender, work experience, and auditor performance incentives on audit quality. The data used in this study are primary data with a questionnaire as an instrument. The number of samples in this study were 44 respondents. Hypothesis testing in this study was carried out using the statistical test t. Data analysis techniques used in this study are multiple linear regression analysis with using the Statistical Product and Service Solution (SPSS) data processing software version 22.0 for windowS. The results of this study indicate that educational background, gener, work experience, and auditor performance incentives have a significant effect on audit quality.

References

Futri, P. S., & Juliarsa, G. (2014). Pengaruh Independensi, Profesionalisme, Tingkat Pendidikan, Etika Profesi, Pengalaman, dan Kepuasan Kerja Auditor pada Kualitas Audit Kantor Akuntan Publik di Bali 444-461. E-Jurnal Akuntansi, 7(2), 444–461.
Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Indayani, P., Sujana, E., & Sulindawati, N. (2015). Pengaruh Gender, Tingkat Pendidikan Formal, Pengalaman Kerja Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Inspektorat Kota Denpasar, Kabupaten Badung dan Kabupaten Bulelen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha, 3(1), 1–10.
KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kemdikbud. kbbi.kembdikbud.go.id
Kushasyandita, S. (2012). Pengaruh Pengalaman, Keahlian, Situasi Audit,Etika, dan Gender Terhadap Ketepatan Pemberian Opini Auditor Melalui Skeptisisme Profesional Auditor (Studi Kasus pada KAP Big Four d iJakarta). Universitas Diponegoro.
Lamuda, L. (2013). Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas, Kompetensi dan Komitmen Organisasi terhadap Kualitas Audit. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Larasati, D., Andreas, A., & Rofika, R. (2020). Teknik Audit Investigatif, Pengalaman, dan Profesionalisme Auditor Pada Pengungkapan Kecurangan: Kecerdasan Spiritual sebagai Pemoderasi. Current: Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Terkini, 1(1), 149–168.
Mayangsari, L. (2013). Pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan di Departemen Penjualan PT. Pusri. Universitas Sriwijaya.
Nafrizal, A., & Sofyan, I. (2012). Pengaruh Insentif, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Kinerja Personil Polri Pada Satuan Kerja Biro Operasional Mapolda Aceh. Jurnal Manajemen, 52–67.
Ningsih, S. (2015). Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Jenis Kelamin Auditor terhadap Kualitas Audit dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Di Malang). Universitas Jember.
Nurani, N. (2015). Pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan Departemen Penjualan CV Logam Indonesia di Tulungagung. Jurnal Benefit, 2(1), 1–7.
Pebryanto, S. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal, Pengalaman Kerja, Tingkat Kualifikasi Profesi, Continuing Professional Development terhadap Kualitas Audit di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ri Perwakilan Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin.
Pratiwi, W., & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Pengalaman Auditor, Independensi Auditor, dan Skeptisme Profesional terhadap Audit Judgment. Current: Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis Terkini, 1(2), 239–251.
Ramadhan, D. (2015). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Motivasi terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan). Universitas Hasnuddin.
Riyadi, F. (2015). Pengaruh Human Capital dan Gender terhadap Kualitas Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia. Universitas Diponegoro.
Smartdyanda, I. (2018). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Kerja, Motivasi, dan Pelatihan Kerja terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik RSM Indonesia). Universitas Brawijaya.
Suhandono, J. (2016). Pengaruh Independensi, Pengalaman, Due Professional Care, Gender, dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Syamsidah, S. (2016). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman, Pendidikan Berkelanjutan, Ukuran Organisasi dan Kompleksitas Pemerintahan terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus Pada Kementrian Lembaga Ta. 2014).
Wiratama, W., & Budiartha, K. (2015). Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, Due Professional Care dan Akuntabilitas terhadap Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi, 10(1), 91–106.
Wood, C., Tugiman, H., & Muslih, M. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. E-Proceeding of Management, 4(1), 481–490.
Yuniarsih, T., & Suwantono, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
Published
2021-10-08