ANALYSIS OF THE BASIC FRAMEWORK FOR THE PREPARATION AND PRESENTATION OF SHARIA ENTITY FINANCIAL STATEMENTS (KDPPLKS): A LITERATURE REVIEW

  • Nina Marlina UIN Sultan Thaha Sifuddin Jambi
  • Rahmat Budi Permana UIN Sultan Thaha Sifuddin Jambi
  • Elyanti Rosmanidar UIN Sultan Thaha Sifuddin Jambi
  • Usdeldi UIN Sultan Thaha Sifuddin Jambi
Keywords: KDPPLKS, PSAK Syariah, Entitas Syariah, Laporan keuangan

Abstract

Kemunculan entitas syariah yang relatif baru menimbulkan tantangan besar. Para pakar syariah Islam dan akuntansi harus mencari dasar bagi penerapan standar akuntansi yang berbeda dengan standar akuntansi entitas konvensional seperti telah dikenal selama ini. Standar akuntansi tersebut menjadi kunci sukses bagi entitas Islami dalam melayani masyarakat di sekitarnya sehingga seperti lazimnya, harus dapat menyajikan informasi yang cukup, dan dapat dipercaya, serta relevan bagi para penggunanya, namun tetap dalam konteks syariah Islam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mendalam tentang Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah (KDPPLKS) dan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Syariah. metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Sumber datanya merupakan data sekunder yang berasal dari sumber kepustakaan seperti buku, jurnal, dan artikel. Motode analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Hasil temuan menggambarkan bahwa secara garis besar Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah memiliki ruang lingkup yang membahas tentang tujuan laporan keuangan, karakteristik yang menentukan manfaat informasi dalam laporan keuangan dan yang ketiga pengakuan serta unsur-unsur yang membentuk laporan keuangan

References

Cahyono, A. T. (2011). Meta teori standar akuntansi keuangan di Indonesia-menuju konvergensi SAK di masa globalisasi. Jurnal eksis, 7(2), 1884-1897.

Hanafi, Mamduh M & Abdul Halim. (2007). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Harahap, Syafri. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Heridiansyah, J., & Sujadi, S. (2011). FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 3(2), 01-20.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2007). Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Lembaga Keuangan Syariah (KDPPLKS).

Ikatan Akuntan Indonesia, (2014). PSAK 101 Penyajian Laporan Keuangan Syariah.

Ilyas, R. (2016). Kerangka Dasar Penyusunan Dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah. ASY SYAR'IYYAH: JURNAL ILMU SYARI'AH DAN PERBANKAN ISLAM, 1(1), 19-41.

Muhammad. (2014). Manajemen Keuangan Syariah; analisis Fiqh & Keuangan, Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Suhardi dkk. (2009). Akuntansi Pengantar. Bangka Belitung: UBB Press Pangkalpinang.

Suryadi, D. (2014). Laporan keuangan entitas syariah sebagai alat ukur kinerja bisnis. Jurnal Asy-Syukriyyah, 12(1), 1-22.

Suwikno, Dwi. (2010). Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wolk, Harry I., Michael G. Tearney, dan James L. Dodd. (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Institutional Approach, Cincinnati, Ohio: South-Westrn College Publishing

Published
2023-02-09