PELAKSANAAN MONITORING DAN EVALUASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Karim SMP Negeri 1 Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya
Keywords: Kinerja Guru, Monitoring dan Evaluasi

Abstract

Berdasarkan kondisi monitoring dan evaluasi (pada aspek monitoring dan evaluasi) sekolah dan kinerja guru terukur di SMP Negeri 1 Batu Ampar, ada beberapa fenomena yang terlihat terkait dengan rendahnya kinerja Guru di SMP Negeri 1 Batu Ampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja guru di SMP Negeri 1 Batu Ampar tahun ajaran 2022/2023.  Penelitian ilaksanakan di SMP Negeri 1 Batu Ampar karena SMP Negeri 1 Batu Ampar merupakan bagian dari lembaga pendidikan formal yang sama-sama dituntut untuk terus berupaya meningkatkan mutu pendidikannya. Selain itu, SMP Negeri 1 Batu Ampar merupakan salah satu sekolah yang terus meningkatkan kinerja guru, sehingga penelitian yang akan peneliti lakukan sejalan dengan yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batu Ampar pada tahun pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh bahwa kegiatan pembinaan melalui monitoring dan evaluasi kepala sekolah bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan  Kinerja Guru dalam proses pembelajaran,  untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi Guru sehingga kinerja Guru dapat meningkat.

References

Afila, R., Kismartini, K., & Santoso, R. S. (2022). MONITORING KEBIJAKAN PENGGUNAAN PLASTIK DI KOTA SEMARANG. Journal of Public Policy and Management Review, 11(4), Article 4. https://doi.org/10.14710/jppmr.v11i4.35822

Alawiyah, F. (2017). STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. 8(1).

APARATUR. (2019, August 14). Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Hukum Positif Indonesia. https://rendratopan.com/2019/08/14/pendidik-dan-tenaga-kependidikan-berdasarkan-undang-undang-sistem-pendidikan-nasional/

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Assagaf, L. (2020). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI PAUD. Jurnal Al-Hikmah, 1(1), Article 1. http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/8

Fauzia, E., & Marini, M. (2018). Sistem Informasi Laporan Monitoring Evaluasi (MONEV) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Tengah. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 0, Article 0. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/431

Gafur, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.

Hadi Mulyono, N. : 2010776. (2022). SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH BAGI GURU DI MTs COKROAMINOTO LEBAKWANGI PEGEDONGAN BANJARNEGARA [Masters, IAINU Kebumen]. http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/554/

Jaya, K. A., Safriadi, N., & Perwitasari, A. (2018). Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Aparatur di Kejaksaan Negeri Mempawah. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.26418/justin.v6i1.23314

Latip, A. D. (2021). Optimalisasi Kinerja Guru Pendidikan Agama lslam SMA Melalui SupervisiKlinis dan Daily Journal Report. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5, 349–364. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1133

Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 37–46.

Mudzakir, D. (2016). IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DAN AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH IBTIDAYAH. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(02), Article 02.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru (1st ed., pp. 223–225). Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=459557

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (1st ed.). Bumi Aksara.

Nasihi, A., & Hapsari, T. A. R. (2022). MONITORING DAN EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. INTEL: Indonesian Journal of Teaching and Learning, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.56855/intel.v1i1.112

Nugrahawati, E., & mulyanto. (2022). Penerapan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Prestasi non-akademik di Kabupaten Gunungkidul. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.11658

Orocomna, C., Tumbel, T. M., & Asaloei, S. I. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Manado. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 7(001), Article 001. https://doi.org/10.35797/jab.v7.i001.66-72

Perdana, A. L. (2020). PELAKSANAAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) TERHADAP KINERJA GURU DI SMAN 16 GOWA. Prosiding HUBISINTEK, 1, 44–44.

Petrus, W., & Tafonao, T. (2021). Trik Dan Tips Pengawas Dalam Memonitoring Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Selama Pandemi. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.52960/jd.v1i2.77

Pratama, G. J. (2018). Pengaruh Kinerja Guru Penjas dan Modifikasi Alat Bantu Terhadap Hasil Belajar Renang. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.4321/ijemar.v2i2.1923

Riadi, M. (2020, February 29). Pengukuran Kinerja (Pengertian, Tujuan, Syarat, Indikator, Model dan Proses). https://www.kajianpustaka.com/2020/02/pengukuran-kinerja-pengertian-tujuan-syarat-model-dan-proses.html

Russamsi, Y., & Hadian, H. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENINGKATAN PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MASA PANDEMI COVID-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2, 244–255.

Sanjaya, P. (2017). PERANAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI KOMPETENSI DASAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN. GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/gw.v4i2.1058

Suebudin, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 712–732. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.128

Suryana, A. (2023). STRATEGI MONITORING DAN EVALUASI (MONEV)—PDF Free Download. Docobook.Com. https://docobook.com/strategi-monitoring-dan-evaluasi-monev.html

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). STUDI TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BERBAGAI ASPEK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Syahid, A. M. (2014). Reaktualisasi Pembelajaran Prodi PAI Kontekstual Menuju E-Edukasi. AL-RISALAH, 10(1), Article 1.

Syamsudin, S. (2016). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT LIMA SEMPURNA CIKANDE – SERANG. Sains Manajemen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30656/sm.v2i2.311

Triantoro, O. P. (2021). EFEKETIFITAS MONITORING DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN LMS QUIPPER SCHOOL DI SMAN 1 PANJI SITUBONDO: SMAN 1 PANJI SITUBONDO. Mitra Pendidikan, 2(3), Article 3.

Triwiyanto, T. (2015). PELAKSANAAN MONITORING, EVALUASI, DAN PELAPORAN UNTUK PENILAIAN KINERJA MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH. 1.

Wijaya, C. (1991). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Published
2023-02-05