Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro

  • Reza Anggapratama Universitas Bojonegoro
  • Dwi Irnawati 1Universitas Bojonegoro
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Indomaret

Abstract

Indomaret cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro yaitu bagian jenis usaha retail yang bertumbuh pesat. Jalan Raya Lettu Suyitno di Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, merupakan tempat usaha tersebut berada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta tingkat kualitas pelayanan yang diberikan Indomaret Raya cabang Lettu Suyitno Bojonegoro terhadap kepuasan pelanggan. Bisnis saat ini menghadapi peningkatan persaingan yang ketat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini dikenal dengan penelitian korelasional karena bertujuan untuk menemukan atau menilai hubungan antarvariabel. Karena setiap tanggapan responden untuk penelitian ini dihitung melalui menggunakan skala Likert yang berguna bagi analisis data, maka diperlukan metode skoring. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk penelitian ini. Uji t mengembalikan hasil positif 0,000. Hipotesis bahwa kualitas pelayanan Indomaret cabang raya Lettu Suyitno Bojonegoro berhubungan dengan kepuasan pelanggan dapat diterima. Keterkaitan antara kualitas administrasi dan loyalitas konsumen sangat penting sebesar 53,80%, dengan elemen yang berbeda mempengaruhi sisanya sebesar 46,2%. Di Indomaret cabang raya Lettu Suyitno Bojonegoro pengaruh variabel penelitian dengan kepuasan pelanggan senilai 73,30%, serta koefisien determinasi (R2) sebesar R = 0,733. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,538 memperlihatkan bahwa pelayanan di Indomaret cabang raya Lettu Suyitno Bojonegoro berpengaruh signifikan serta positif secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. Ini menunjukkan hubungan yang kuat antarfaktor. Selebihnya, dipengaruhi oleh faktor luar.

References

Anggapratama, R., & Irnawati, D. (2023). Dampak Penggunaan Kredit Perbankan dan Pertumbuhan Industri Manufaktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 05(03), 9691–9701.

Anindito, R. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 9(1), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

Asta, I. N., & Jaya, G. (2019). Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Anajemen, 8(1), 7458–7485.

Atmaja, K. J., & Wahyu Wijaya, I. N. S. (2019). Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) Stmik Stikom Indonesia. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 8(1), 55–64. https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v8i1.17290

Iswanto, D. (2022). Strategi Bersaing Retail Indomaret Di Era Pasar Digital. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 9720–9729. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3439

Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu- Ilmu Bisnis

Kotler Philip, 2000. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control. Prentice Hall Int, Inc., Millenium Edition, Englewood Cliffs, New Jersey

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks, Jakarta

Lukman, Dendawijaya, 2005. Manajemen Perbankan, Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor Jakarta

Naibaho, H., Kerja, J. P., & Karyawan, K. (2013). Analisa dampak pelatihan terhadap kinerja karyawan sebuah studi literatur. 10(1), 73–85.

Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Pratama, R. A., & Sulisworo, D. (2018). THE INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS & MANAGEMENT. 6(4)

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Simatupang, L. N., & Hotimah, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Jalan Sultan Iskandar Muda Kebayoran Lama. Jurnal Manajemen, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.54964/manajemen.v4i1.131

Studi, P., Ritel, M., Bojonegoro, U., Studi, P., Ritel, M., & Bojonegoro, U. (2022). DAMPAK HARGA DAN TEMPAT TERHADAP PILIHAN PELANGGAN DALAM BERBELANJA DI KDS DEPARTMENT STORE & SUPERMARKET BOJONEGORO Reza Anggapratama Dwi Irnawati Abstrak. 15(2), 138–142.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B Bandung: Alfabeta

Yusup, Febrianawati. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/2100/1544

Published
2023-07-01