PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM PPL DI SMPN 3 SAMBAS PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Muhammad Asyura Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Askamila Askamila Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Shopia Shopia Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran PAI, pandemi Covid-19

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program wajib yang dilaksanakan oleh mahasiswa pada program studi Pendidikann Agama Islam (PAI). Pelaksanaan program PPL pada masa pandemi Covid-19 mengalami banyak penyesuaian termasuk program PPL di SMPN 3 Sambas tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan program PPL di SMPN 3 Sambas pada masa pandemi Covid-19. Sumber data pada penelitian ini adalah lima orang guru PPL IAIS Sambas, satu orang guru pamong, dan kepala sekolah. Data pada penelitian ini berupa hasil wawancara dan dokumentasi program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PPL di SMPN 3 Sambas tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan secara daring dan luring. Program PPL diselenggarakan selama dua bulan pada awal Juli hingga awal September 2021. Pada bulan pertama, pelaksanaan PPL dilaksanakan secara daring dan guru PPL belum dilibatkan secara langsung namun melaksanakan micro teaching yang dibimbing guru pamong. Pada bulan pertama, guru PPL melaksanakan pembelajaran daring yang melalui grup WhatsApp dan Google Meet. Pada bulan kedua, pembelajaran dilaksanakan secara luring karena kasus Covid-19 di Kabupaten Sambas telah menurun sehingga pembelajaran dilaksanakan dengan alokasi 50% jumlah siswa perkelas dengan mematuhi protokol kesehatan. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa program PPL dengan pembelajaran luring jauh lebih baik diselenggarakan daripada daring karena keterbatasan penguasaan penggunaan e-learning baik bagi guru maupun murid. Kehadiran guru PPL juga memberikan dampak positif dengan inovasi pembelajarannya.

References

Adi, I Putu Panca. (2015). SISTEM EVALUASI DAN KESIAPAN PELAKSANAAN PPL- REAL DI SEKOLAH MITRA (E-Jurnal) Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 4, No.2 Hlm.657-665, Oktober 2015. https://ejournal.undiksha.ac.id.

Aprila, Dina dan Indah Muliati. (2021). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 (E-Jurnal) Halaman 7196-7202 Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021 https://Downloads/2113-Article%20Text-4218-1-10-20211029.pdf.

Choeroni, dkk. (2013). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga

Julianti, Siti Nur Halizah. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA (Skripsi) FTIK PAI Universitas Muhammadiyah Makassar https://Downloads/Skripsi%20Dampak%20Pandemi%20pd%20PAI%20Daring.pdf

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.

Mubarok, Ramdanil. (2020) MODEL PENGELOLAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PADA MASA PANDEMI (E-Jurnal) Journal of Islamic Education Management Oktober 2020, Vol.5, No.2 Hal 147-160. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola

Prawanti, Lia Titi dan Woro Sumarni. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 (Prosiding) Seminar Nasional Pascasarja Unnes Semarang https://Downloads/603-Article%20Text-1544-1-10-20210216.pdf

Ratnawati, Etty dan Aditya Putra Utama. (2021). KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (e-jurnal) Jurnal Edueksos Vol. X, No. 1, Juni 2021 https//Downloads/JURNAL%20Kesulitan%20Pem.%20daring.pdf

Simanjuntak, Dosmika Ria dkk. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Vol. 3 No. 3 November 2020 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu.

Tim UPT PPL. 2021. Buku Pedoman Pelaksanaan PPL dan KKN FTIK IAIS Sambas. Sambas: IAIS Press.

Ulya, M. Abdul Wahid. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MICROSOFT TEAMS PADA MASA PANDEMI (E-Jurnal) Jurnal Sains Sosio Humaniora Volume 5 Nomor 1 Juni 2021 https://Downloads/14135-Article%20Text-38672-1-10-20210719.pdf

Wawancara mendalam kepada Leo Hardi (Guru PAI SMPN 3 Sambas) pada 5 Agustus 2021.

Wawancara mendalam kepada Tetty Tatiana Kusumarini (Kepala Sekolah SMPN 3 Sambas) pada 28 Juli 2021.

Published
2022-01-06