Strategi Dakwah Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Positif di Masyarakat
Abstract
Strategi dakwah adalah teknik-teknik tertentu yang digunakan untuk mencapai sasaran dakwah secara efektif dengan tujuan mencapai hasil yang optimal. Sedangkan, Public Relations merupakan suatu rangkaian kegiatan yang diorganisasikan sebagai suatu rangkaian program terpadu, dan semuanya berlangsung secara teratur yang bertujuan untuk menanamkan dan memperoleh citra yang positif, kepercayaan, dan penghargaan dari publik internal maupun eksternal. Citra positif merupakan salah satu yang terpenting bagi eksistensi sebuah organisasi. Adapun strategi dakwah melalui public relations untuk mempertahankan citra positif di Masyarakat merujuk pada rencana dan metode untuk menyebarkan ajaran Islam secara efektif. Tujuan dari strategi ini adalah untuk mengedukasi, memotivasi, dan menginspirasi orang dalam memahami dan mengikuti ajaran agama dengan cara yang relevan dan menarik. Dengan demikian , Bagaimana strategi dakwah Public relation dalam mempertahankan citra positif di Masyarakat?. Bagaimana implementasi strategi dakwah melalui Public mempertahankan citra positif di Masyarakat. Strategi dakwah menjadi sangat penting karena public relation dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berinteraksi sosial sehingga dapat memperhankan citra positif di Masyarakat.
References
Apriyana, Nurliya. Lingga Yuliana. “Pentingnya kegiatan publikasi di era media sosial”, Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat - Vol.1, No.3, September 2023.
Cutlip. Dkk. Effective Public Relations, (t.tp,2006).
Danandjaja, Peranan Humas Dalam Perusahaan. (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011).
Datuela, Agnes. Strategi Public Relations PT. Telkomsel Branch Manado dalam Mempertahankan Citra perusahaan, Journal “Acta Diurna” Vol. II No. I Th. 2013.
Hariadi, Bambang. Strategi Manajemen Strategi Memenangkan Perang Bisnis, (Malang, Bayumedia Publising : 2005).
Jefkins, Frans. Public Relations, (Jakarta: Erlangga, 2003).
Moore, Frazier H.. Hubungan Masyarakat: Prinsip, Kasus dan Masalah , (Bandung: PT Remaja Rosdakarta, 1987).
Nova, Firsan. Crisis Public Relations : strategi PR menghadapi krisis, mengelola isu, membangun citra, dan reputasi perusahaan, (Jakarta :
Panuju, Redi. Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi, (Jakarta : Prenadamedia Group, 2018).
Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, “Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga Materi Kongres XIII” (Pimpinan Pusat Nasional, 2000).
Rahmadi, F. Public Relations Dalam Teori Dan Praktek, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992).
Ruslan, Rosady. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2005).
S. Gassing, Syarifuddin. Suryanto. Public Relations, (Yogyakarta : CV Andi Offset, 2016).
Saputra, Wahidin. Rulli Nahrullah, Public Relations 2.0, (Depok: Gramata Publishing, 2011).
Soemirat, Soleh. Elvinaro Ardianto, Dasar – Dasar Public Relations, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010).
Sunhadang, Kustadi. Public relations Perusahaan, (Bandung: Nuansa, 2004).
Tanzeh, Ahmad. Dkk. Dasar-Dasar Penelitian, (Surabaya: Elkaf, 2006).
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, cet Ke-5, (Yogyakarta : Andi Press, 2001).
Winardi, J. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2011).
Yulianita, Neni. Dasar-Dasar Public Relations, (Bandung: Pusat Penerbit Universitas, 2007).
Copyright (c) 2023 Aflachal Muthowah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All material published by CBJIS is protected by international copyright and intellectual property laws. CBJIS is licensed under CC-BY-SA or an equivalent license as an optimal license for the publication, distribution, use and reuse of scientific works. The author owns the copyright and gives the first publication rights journal with the work being licensed simultaneously under CC-BY-SA; Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger excerpts of works published with recognition of author's work and early publications in this journal (See Effects of Open Access). and any views expressed in this work are those of the author and not of the Editorial Board of the CBJIS Scientific Journal. CBJIS cannot be held responsible for the views, opinions and written statements of the authors or researchers published in this journal.