Menumbuhkan Nilai-nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Sungai Melayu kabupaten Ketapang

Menumbuhkan Nilai-nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Sungai Melayu kabupaten Ketapang

  • Syafrudin Sekolah Tinggi Agama Islam AL-Haudl ketapang, Indonesia
  • Mutmainnah Sekolah Tinggi Agama Islam AL-Haudl ketapang, Indonesia
Keywords: Menumbuhkan nilai Multikultural, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji menumbuhkan nilai multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Sungai Melayu Kabupaten Ketapang. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam menumbuhkan nilai multikultural terutama nilai toleransi. Dalam ajaran Islam pendidikan mutikultural ini tidak asing lagi, melainkan memang tertera jelas di dalam Al Qur’an dan Hadis Rasulullah Saw. Guru Pendidikan Islam hanya perlu menginternalisasikan ajaran multikultural dalam Al Qur’an dan Hadis serta mengintegrasikannya ke kehidupan siswa. Dengan adanya nilai multikultural terutama nilai toleransi pada peserta didik, maka peserta didik akan mampu berkehidupan sosial dan saling menghargai dan menghormati antar sesama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengambil objek di SDN 01 Sungai Melayu Kabupaten Ketapang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengamatan atau observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yag dibutuhkan. Hasil penelitian ini adalah 1) Situasi di SDN 01 Sungai Melayu kabupaten Ktapang memiliki keberagaman yaitu keberagaman suku, agama, budaya, dan status sosial. 2) menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan nilai multikultural terhadap peserta didik di SDN 01 Sungai Melayu  sudah cukup baik. Ini dibuktikan dengan terciptanya keharmonisan dan kerukunan antara guru dan murid serta antara sesama siswa. Nilai multikultural yaitu nilai toleransi antar siswa yaitu mereka tidak membedakan teman, menghargai pendapat dan menghormati agama temannya serta saling tolong menolong jika temannya dalam kesusahan.

References

Tilaar, H. A. (2004). Multikulturalisme: tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformaasi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Raja Graafindo.
Artikel Jurnal:
Khikmah, N., & Sholiihun , M. (2018). Peran Guru Agama Islam dalam Menerapkan Nilai nilai Multikultural terhadap Peserta Didik di SMPN 1 Purwodadi. Jurnal al Musabbi, volume 4 (1), 137-149. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1315/1121
Lantaeda, S. B., J.Lengkong, F. D., & Ruru, J. (2011). Peran Badan Perencanaan Pembangunan dalam Penyusunan RPJMD Kota Tomohan. Jurnal Administrasi Publik, volume 4 (48), 1-9. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/17575/17105
Mahmudah, U. (2016). Peran Guru dalam Menginternaisasi Nilai-nilai Mutikultural pada Siswa melalaui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim .
Asnawi, A., Rakhmat, C., & Sidik, G. S. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017
Han, C., Sukamto, A., & Pramono, R. (2023). Solidarity in Christianity to Foster “Bhineka Tunggal Ika”: A Biblical Analysis of the Good Samaritan, Luke 10:25-37. Pharos Journal of Theology, 104(1). https://doi.org/10.46222/pharosjot.10418
Mubit, R. (2016). PERAN AGAMA DALAM MULTIKULTURALISME MASYARAKAT INDONESIA. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.163-184
Supardi, I., & Sumarno, S. (2014). MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL RAMAH DI SEKOLAH ETHNO-RELIGIO SEGREGATION (E-RS) KOTA PONTIANAK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 202–214. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2861
Usuluddin, W., & Mustaqim, M. A. (2023). The Historicity of Plural Societies in East Java. Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.228
http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/epis/article/view/104
Muslikhin. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Berbasis Multikultural. At Ta'lim , volume 18 (2), 411-425. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/3737
Poerwadarminto, W. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonsia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Supardi, I., & Sumarno. (2014). Model Pendidikan Multikultural Ramah di Sekolah Ethno-Religio Segregation. Jurnal Peneitian dan Evaluasi Pendidikan, volume 18 (2), 202-214. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/2861
Asnawi, A., Rakhmat, C., & Sidik, G. S. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017
Han, C., Sukamto, A., & Pramono, R. (2023). Solidarity in Christianity to Foster “Bhineka Tunggal Ika”: A Biblical Analysis of the Good Samaritan, Luke 10:25-37. Pharos Journal of Theology, 104(1). https://doi.org/10.46222/pharosjot.10418
Mubit, R. (2016). PERAN AGAMA DALAM MULTIKULTURALISME MASYARAKAT INDONESIA. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.163-184
Supardi, I., & Sumarno, S. (2014). MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL RAMAH DI SEKOLAH ETHNO-RELIGIO SEGREGATION (E-RS) KOTA PONTIANAK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 202–214. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2861
Usuluddin, W., & Mustaqim, M. A. (2023). The Historicity of Plural Societies in East Java. Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.228
Asnawi, A., Rakhmat, C., & Sidik, G. S. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017
Han, C., Sukamto, A., & Pramono, R. (2023). Solidarity in Christianity to Foster “Bhineka Tunggal Ika”: A Biblical Analysis of the Good Samaritan, Luke 10:25-37. Pharos Journal of Theology, 104(1). https://doi.org/10.46222/pharosjot.10418
Mubit, R. (2016). PERAN AGAMA DALAM MULTIKULTURALISME MASYARAKAT INDONESIA. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.163-184
Supardi, I., & Sumarno, S. (2014). MODEL PENDIDIKAN MULTIKULTURAL RAMAH DI SEKOLAH ETHNO-RELIGIO SEGREGATION (E-RS) KOTA PONTIANAK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 202–214. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2861
Usuluddin, W., & Mustaqim, M. A. (2023). The Historicity of Plural Societies in East Java. Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora. https://doi.org/10.35719/islamikainside.v9i2.228
How to Cite
Syafrudin, & Mutmainnah. (1). Menumbuhkan Nilai-nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Sungai Melayu kabupaten Ketapang: Menumbuhkan Nilai-nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Sungai Melayu kabupaten Ketapang. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 6(2), 179-186. https://doi.org/10.37567/cbjis.v6i2.3262
Section
Articles