Pergeseran Persepsi Masyarakat Terhadap Islam Moderat

  • Mahlil Riduan IAIN Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Ahmad Syar’i IAIN Negeri Palangka Raya, Indonesia
Keywords: Persepsi Masyarakat, Islam Moderat.

Abstract

Persepsi masyarakat terhadap Islam dipengaruhi oleh berbagai factor, diantaranya adalah tokoh yang menggerakkan, budaya, keluasan pengetahuan, dan lain-lain. Karenanya membahas tentang bagaimana pergeseran persepsi masyarakat di Indonesia dan masyarakat dunia terhadap Islam moderat menjadi penting untuk diteliti. Penelitian ini termasuk ke dalam pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan. Menggunakan sumber data sekunder, yaitu sumber data yang berkenaan dengan persepsi masyarakat dan Islam moderat. Data sekunder dianalisis content secara sistematis sesuai dengan sub-sub judul bahasan. Temuan penelitian diketahui bahwa Islam moderat dihargai dalam pandangan masyarakat maju karena dianggap menghargai hak-hak manusia, menghargai kehidupan dalam kemajemukan, bertoletansi, dan menghargai hak-hak lainnya. Orientalis Barat pada awalnya berpandangan sinis terhadap Islam, setelah melewati beberapa fase termasuk keraguan terhadap Islam namun membuka diri untuk melakukan kajian ilmiah, pada akhirnya berpandangan positif terhadap Islam moderat. Di Indonesia, Islam moderat menjadi sebuah kekuatan dalam kehidupan yang harmoni dan didukung oleh semua pihak secara personal dan lembaga atau organisasi besar yang ada di Indonesia. Meskipun masih terdapat sebagian kecil yang berpendapat miring tentang Islam moderat di Indonesia, namun nilai-nilai Islam moderat tetap di kedepankan semua pihak dalam implementasi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

References

Ajahari, A., Puspita, P., Teddy, T., Husna, N., & Iriantara, Y. (2023). Implementasi Kebijakan Penguatan Moderasi Beragama (PMB) dalam Kurikulum Pada Perguruan Tinggi Keagamaan: (Studi Kasus Pada IAIN, IAKN dan IAHN Tampung Penyang Palangka Raya). Transformatif (Islamic Studies), 7(1).
Arifin, S., & Bachtiar, H. (2013). Deradikalisasi Ideologi Gerakan Islam Transnasional Radikal. Harmoni, 12(3), 19–36.
Badarussyamsi, B. (2016). Islam Di Mata Orientalisme Klasik Dan Orientalisme Kontemporer. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 15(1), 17–40. https://doi.org/10.30631/tjd.v15i1.6
Hafizi, M. F. A., & Muslimah, M. (2021). Memahami Pendekatan Ilmiah Dalam Penelitian PAI. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 163–172.
Haqan, A. (2015). Orientalisme dan Islam dalam Pergulatan Sejarah. Mutawatir: : Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 1(2), 155.
Hikmah, N., Muslimah, M., Kholfiah, Y., Sanusi, A., Satria, S., & Handayani, R. K. (2021). Implementasi nilai moderasi beragama dalam pelatihan pembuatan ptk guru di SMKN 8 Palangka Raya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, 2, 399–409.
Lipták, A., & Kenesei, I. (2017). Passive potential affixation: syntax or lexicon? Acta Linguistica Academica, 64(1), 45–77.
Maulida, M., Muslimah, M., Hidayati, N., Musyarafah, M., & Andriani, I. (2021). Upaya meningkatkan spiritualitas masyarakat melalui program khusus Ramadhan Rri Palangka Raya Islam menjawab tahun 2021. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, 2, 121–130.
Muslimah, Hamdanah, & Syar’i, A. (2021). The Becoming a Tolerant Muslim: Study of Dayak Converts. Jurnal Penelitian, 18(2), 197–208.
Muslimah, Laksono, H., Saini, M., Sardi, Nurviana, L., Wardiyanto, P. W., Azizah, N., Fatimah, Marlinawati, R., Iqlima, Rosyadi, A., Marhamah, & Sya’idun, A. (2020). Cara Mudah Membuat Proposal Penelitian. CV. Narasi Nara.
Muslimah, M. (2015). Penanaman Nilai Religius dalam Keluarga (Upaya Penanaman Nilai Tanggung Jawab, Serial studies Usia Anak) di Pangkalan Bun.
Muslimah, M. (2017). Toleransi Dalam Kehidupan Multikultur Di Smp Negeri 2 Arut Selatan. Transformatif (Islamic Studies), 1(2), 259–288.
Muslimah, M. (2020). The Spiritual Intelligence in Interpreting the Religious Days Commemoration By Cross-Religious of Malay Society in the Educational Institution. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 304. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i2.2529
Rumnah, R., Ahmadi, A., & Muslimah, M. (2022). Development Of Global Ethics and Religious Harmony Trilogy Through Islamic Religious Education. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 2(1), 34–43.
Suryanto, Jeniva, I., Muslimah, Matitale, V. T., Alberto, J. L., Arianti, S., Nurjanah, S., Sinaga, E. R., Tarigan, S. C., Venesa, Carolina, Esellina, Aprie, & Haliza, I. (2024). PAGELARAN SENI BUDAYA ANTAR ETNIS DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Tang S, M., Muslimah, M., & Riadi, A. (2020). The Concept of Multicultural Education in Al-Qur’an Surah Al-Hujarat Verse 11-13. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 8(2), 119–133. https://doi.org/10.21093/sy.v8i2.2558
Published
2024-12-02
How to Cite
Mahlil Riduan, & Ahmad Syar’i. (2024). Pergeseran Persepsi Masyarakat Terhadap Islam Moderat. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 6(2), 253-262. https://doi.org/10.37567/cbjis.v6i2.3335
Section
Articles