Pergeseran Persepsi Masyarakat Terhadap Islam Moderat
Abstract
Persepsi masyarakat terhadap Islam dipengaruhi oleh berbagai factor, diantaranya adalah tokoh yang menggerakkan, budaya, keluasan pengetahuan, dan lain-lain. Karenanya membahas tentang bagaimana pergeseran persepsi masyarakat di Indonesia dan masyarakat dunia terhadap Islam moderat menjadi penting untuk diteliti. Penelitian ini termasuk ke dalam pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan. Menggunakan sumber data sekunder, yaitu sumber data yang berkenaan dengan persepsi masyarakat dan Islam moderat. Data sekunder dianalisis content secara sistematis sesuai dengan sub-sub judul bahasan. Temuan penelitian diketahui bahwa Islam moderat dihargai dalam pandangan masyarakat maju karena dianggap menghargai hak-hak manusia, menghargai kehidupan dalam kemajemukan, bertoletansi, dan menghargai hak-hak lainnya. Orientalis Barat pada awalnya berpandangan sinis terhadap Islam, setelah melewati beberapa fase termasuk keraguan terhadap Islam namun membuka diri untuk melakukan kajian ilmiah, pada akhirnya berpandangan positif terhadap Islam moderat. Di Indonesia, Islam moderat menjadi sebuah kekuatan dalam kehidupan yang harmoni dan didukung oleh semua pihak secara personal dan lembaga atau organisasi besar yang ada di Indonesia. Meskipun masih terdapat sebagian kecil yang berpendapat miring tentang Islam moderat di Indonesia, namun nilai-nilai Islam moderat tetap di kedepankan semua pihak dalam implementasi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
References
Arifin, S., & Bachtiar, H. (2013). Deradikalisasi Ideologi Gerakan Islam Transnasional Radikal. Harmoni, 12(3), 19–36.
Badarussyamsi, B. (2016). Islam Di Mata Orientalisme Klasik Dan Orientalisme Kontemporer. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 15(1), 17–40. https://doi.org/10.30631/tjd.v15i1.6
Hafizi, M. F. A., & Muslimah, M. (2021). Memahami Pendekatan Ilmiah Dalam Penelitian PAI. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 163–172.
Haqan, A. (2015). Orientalisme dan Islam dalam Pergulatan Sejarah. Mutawatir: : Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 1(2), 155.
Hikmah, N., Muslimah, M., Kholfiah, Y., Sanusi, A., Satria, S., & Handayani, R. K. (2021). Implementasi nilai moderasi beragama dalam pelatihan pembuatan ptk guru di SMKN 8 Palangka Raya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, 2, 399–409.
Lipták, A., & Kenesei, I. (2017). Passive potential affixation: syntax or lexicon? Acta Linguistica Academica, 64(1), 45–77.
Maulida, M., Muslimah, M., Hidayati, N., Musyarafah, M., & Andriani, I. (2021). Upaya meningkatkan spiritualitas masyarakat melalui program khusus Ramadhan Rri Palangka Raya Islam menjawab tahun 2021. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, 2, 121–130.
Muslimah, Hamdanah, & Syar’i, A. (2021). The Becoming a Tolerant Muslim: Study of Dayak Converts. Jurnal Penelitian, 18(2), 197–208.
Muslimah, Laksono, H., Saini, M., Sardi, Nurviana, L., Wardiyanto, P. W., Azizah, N., Fatimah, Marlinawati, R., Iqlima, Rosyadi, A., Marhamah, & Sya’idun, A. (2020). Cara Mudah Membuat Proposal Penelitian. CV. Narasi Nara.
Muslimah, M. (2015). Penanaman Nilai Religius dalam Keluarga (Upaya Penanaman Nilai Tanggung Jawab, Serial studies Usia Anak) di Pangkalan Bun.
Muslimah, M. (2017). Toleransi Dalam Kehidupan Multikultur Di Smp Negeri 2 Arut Selatan. Transformatif (Islamic Studies), 1(2), 259–288.
Muslimah, M. (2020). The Spiritual Intelligence in Interpreting the Religious Days Commemoration By Cross-Religious of Malay Society in the Educational Institution. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(2), 304. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i2.2529
Rumnah, R., Ahmadi, A., & Muslimah, M. (2022). Development Of Global Ethics and Religious Harmony Trilogy Through Islamic Religious Education. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 2(1), 34–43.
Suryanto, Jeniva, I., Muslimah, Matitale, V. T., Alberto, J. L., Arianti, S., Nurjanah, S., Sinaga, E. R., Tarigan, S. C., Venesa, Carolina, Esellina, Aprie, & Haliza, I. (2024). PAGELARAN SENI BUDAYA ANTAR ETNIS DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Tang S, M., Muslimah, M., & Riadi, A. (2020). The Concept of Multicultural Education in Al-Qur’an Surah Al-Hujarat Verse 11-13. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 8(2), 119–133. https://doi.org/10.21093/sy.v8i2.2558
Copyright (c) 2024 Mahlil Riduan, Ahmad Syar’i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All material published by CBJIS is protected by international copyright and intellectual property laws. CBJIS is licensed under CC-BY-SA or an equivalent license as an optimal license for the publication, distribution, use and reuse of scientific works. The author owns the copyright and gives the first publication rights journal with the work being licensed simultaneously under CC-BY-SA; Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger excerpts of works published with recognition of author's work and early publications in this journal (See Effects of Open Access). and any views expressed in this work are those of the author and not of the Editorial Board of the CBJIS Scientific Journal. CBJIS cannot be held responsible for the views, opinions and written statements of the authors or researchers published in this journal.