PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI BANGLADES

  • Purniadi Putra 085252101729
Keywords: Perkembangan Pendidikan Islam, Bangladesh

Abstract

Bangladesh merupakan suatu Negara yang merupakan bagian dari Asia Selatan dekat dengan Pakistan, India dan Myanmar. Negara ini juga sering disebut negara dari anak benua, India. Hampir 90% penduduk di Bangladesh menganut agama Islam. Metode Penelitian ini menggunakan liberary research. Adapun hasil penelitian ini adalah karakteristik pendidikan madrasah di Bangladesh diantaranya: (a) metode pengajarannya adalah Urdu. (Bahasa Nasional), (b) tidak ada referensi yang dijadikan isi kurikulum, (c) sangat bergantung pada teks klasik, (d) bidang studi yang dipelajari adalah fiqh, ushul fiqh, hadits dan kalam bagi siswa sunni dan syiah. Perguruan tinggi Islam menggariskan kurikulum Islam pada silabus Bahasa Arab, Fiqih, Ushul Fiqih, hadits, sejarah, dan filsafat Islam. Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa laki-laki dan wanita. Adapun yang menjadi perbedaan antara pendidikan Islam di Indonesia dengan Bangladesh diantaranya Bangladesh wajib belajar hingga tingkat SLTA sementara Indonesia masih hanya sampai tingkat SLTP, kedudukan wanita dalam pendidikan. Wanita ditempatkan pada posisi yang diprioritaskan dalam pendidikan.

References

Banbies, Bangladesh Bureau of Educational Information And Statistic, (Online), http://www.banbeis.gov.bd/es_bd.htm, di akses 29 April 2016.
Barnes, L. J. (2002). Report of the committee on Malay Education, Kuala Lumpur Government Press.
Abdus Sattar, Asisten Inspektur Dewan Pendidikan Madrasah. Yahwa Ki Sejarah Berdirinya Negara Bangladesh.file:///C:/Users/Microsoft/sejarah-berdirinyabangladesh.html ( 20 Maret 2016).
Banbies, Bangladesh Bureau of Educational Information And Statistic, (Online), http://www.banbeis.gov.bd/es_bd.htm, di akses 29 April 2016. Studi Bangladesh Pendidikan Tinggi diBangladesh http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.masterstudies.co.id/Bangladesh, (Online), 03 April 2016. Surawardi, Pendidikan Islam di Bangladesh, Jurnal Al Falah, Vol. XIV No. 25, 2014, Banjarmasin; IAIN Antasari Banjarmasin.
Yahwa KiSejarah Berdirinya Negara Bangladesh.file:///C:/Users/Microsoft/sejarah-berdirinyabangladesh.html (20 Maret 2016).
Published
2020-05-18
How to Cite
Purniadi Putra. (2020). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI BANGLADES. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-14. https://doi.org/10.37567/cbjis.v1i2.36