Kepemimpinan Kyai: dalam Melestraikan Pendidikan islam Kelasik Menuju Pendidikan Islam Modern
Abstract
Penelitian ini mengkaji kepemimpinan Kyai di Pesantren Tebuaireng, dengan fokus pada transisi dari pendidikan kelasik ke pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Kyai menerapkan gaya kepemimpinan visioner, demokratis, dan spiritual yang menciptakan lingkungan inklusif yang mendorong kolaborasi dan inovasi. Kepemimpinan demokratis memungkinkan partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan, sementara kepemimpinan karismatik memperkuat ikatan emosional antara Kyai dan staf, menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Selain itu, integrasi kepemimpinan spiritual membantu menjaga keseimbangan antara nilai-nilai agama tradisional dan kebutuhan pendidikan modern.Upaya modernisasi meliputi adopsi teknologi, pendidikan multibahasa, dan penggabungan perspektif Islam dalam sains, yang membekali santri dengan keterampilan penting untuk menghadapi tantangan global. Manajemen konflik juga dilakukan melalui musyawarah, yang menjamin keselarasan di tengah perubahan. Sebagai kesimpulan, inovasi kepemimpinan di Pesantren Modern Tebuireng berhasil menjembatani tradisi dan modernitas, menawarkan model bagi pesantren lain dalam menghadapi persaingan di dunia Pendidikan yang serba cepat
References
Administrasi dan Kebijakan dalam Penelitian Kesehatan Mental dan Layanan Kesehatan Mental, 42(5), 533–544.
Afandi, F. (2020). Transformasi Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Modern, 12(3), 177–192.
Afifuddin, H. (2019). Dampak Kepemimpinan Transformasional Terhadap Keberhasilan Pondok Pesantren. Jurnal Internasional Pendidikan Islam, 4(1), 89–102.
Ahmad, I., & Zunaih, AI (2020). Model Kepemimpinan Kiai dalam Strategi Pengembangan Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 140–152.
Ahmad, S., & Ashraf, M. (2020). Kepemimpinan Visioner dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Prospek.
Aisyah, S., Ilmi, M. U., Rosyid, M. A., Wulandari, E., & Akhmad, F. (2022). Konsep Kepemimpinan Kiai dalam Cakupan Budaya Organisasi Pesantren. Tafkir: Jurnal Pendidikan Islam Interdisipliner, 3(1), Artikel 1. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.106
Alam, M. (2019). Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Lembaga Pendidikan Islam: Studi pada Madrasah. Jurnal Kepemimpinan Islam, 5(2), 54–71.
Alavi, S. J. (2020). Kepemimpinan Spiritual dan Komitmen Organisasi di Sekolah Islam. Jurnal Studi Kepemimpinan dan Organisasi, 9(2), 95–113.
Anam, W., Sulaeman, M., Mustakim, A. A., Putra, A., & Hakim, L. (2024). Studi Hadits Quo Vadis di Pesantren dalam Perspektif Al-Jabiri. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), Artikel 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4328
Arif, M., Aziz, M. K. N. A., & Abdurakhmonovich, Y. A. (2024). Strategi Tren Pencegahan Bullying di Pesantren. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 12(2), Artikel 2. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v12i2.1087
Arifin, S., Sutama, S., Aryani, S.A., Prayitno, H.J., & Waston, W. (2023). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis Berbasis Nilai Multikultural di Pesantren. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), Artikel 3. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i3.4037
Aziz, A., Sebgag, S., Zuana, MMM, & Suryani, I. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Pegon untuk Santri Non-Jawa di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Artikel 2. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.19581
Aziz, N., & Faiz, M. (2020). Peran Kepemimpinan dalam Modernisasi Pendidikan Islam: Studi Kasus Madrasah di Indonesia dan Malaysia. Jurnal Pendidikan Komparatif, 19(2), 89–101.
Azizah, I., & Mardiana, D. (2024). Transformasi Pembelajaran: Meningkatkan Prestasi Siswa melalui Pembelajaran Penemuan. Dirasah International Journal of Islamic Studies, 2(2), Artikel 2. https://doi.org/10.59373/drs.v2i2.42
Banmairuroy, W., Kritjaroen, T., & Homsombat, W. (2022). Pengaruh kepemimpinan berorientasi pengetahuan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui faktor-faktor komponen inovasi organisasi: Bukti dari industri kurva S baru Thailand. Tinjauan Manajemen Asia Pasifik, 27(3), 200–209. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2021.09.001
Bashir, S., & Othman, M. (2021). Kepemimpinan Spiritual dan Dampaknya terhadap Efektivitas Sekolah Islam di Malaysia. Jurnal Internasional Kepemimpinan Islam, 9(1), 67–80.
Baxter, P., & Jack, S. (2008). Metodologi Studi Kasus Kualitatif: Desain dan Implementasi Studi untuk Peneliti Pemula. Laporan Kualitatif, 13(4), 544–559.
Creswell, J. W. (2013). Desain Penelitian: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (edisi ke-4). SAGE Publications.
Devi, A. D., & Subiyantoro, S. (2021). Penerapan Gaya Kepemimpinan Demokratis dan Kepala Madrasah Transformasional dalam Peningkatan Mutu. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), Artikel 1. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i1.1162
Fadillah, A. (2018). Struktur dan Pola Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren di Jawa. Jurnal Studi Islam, 23(3), 243–259.
Fathurrahman, A. (2019). Kepemimpinan Kultural dalam Sekolah Islam: Studi Komparatif di Asia Tenggara.
Fidayani, E. F., & Ammar, F. M. (2023). Penggunaan Kurikulum Azhari dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), Artikel 1. https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2866
Hasan, S., & Ameen, A. (2021). Kepemimpinan Reformasi Pendidikan di Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Reformasi Pendidikan, 8(2), 72–88.
Huda, M., Arif, M., Rahim, M.M.A., & Anshari, M. (2024). Media Pembelajaran Pendidikan Agam Hussain, Z. (2020). Tantangan Kepemimpinan Modern dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Internasional Studi Islam, 12(3), 74–86.
Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, 7(4), 121–139.
Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 12(3), 65–80.
Khan, M. I. (2021). Tantangan Kepemimpinan dalam Modernisasi Sekolah Islam: Tinjauan Umum. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7(1), 45–61.
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Penelitian Kualitatif: Panduan untuk Desain dan Implementasi (edisi ke-4). Jossey-Bass.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode (edisi ke-3). Publikasi SAGE.
Mohammad, N. A. (2021). Kepemimpinan Islam dalam Lembaga Pendidikan Modern. Jurnal Internasional Kepemimpinan Islam, 12(1), 23–38. Nurjan, S. (2022). Perilaku Kepemimpinan Kolektif di Pondok Modern Gontor. Journal of Educational Leadership, 29(1), 78–95.
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful Sampling untuk Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Implementasi Metode Campuran.
Pastor, A.F., Roesminingsih, E., & Sumbawati, M.S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Pendidikan 4.0. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), Artikel 2. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i2.1413
Patton, M. Q. (2015). Metode Penelitian & Evaluasi Kualitatif (edisi ke-4).
Pratiwi, D. P., & Warlizasusi, J. (2023).
Qureshi, M. I., & Zaman, T. (2020). Kepemimpinan Transformasional dan Masa Depan Pendidikan Islam.
Rahman, A. (2020). Kepemimpinan Efektif dalam Transformasi Pendidikan Islam: Perspektif Global.
Rispler-Chaim, V. (2021). Pendidikan Islam dan Kepemimpinan di Asia Tenggara: Tantangan Modern bagi Sekolah Tradisional. Jurnal Studi Islam Kontemporer, 7(3), 102–115.
Sagal, S. (2021). Kepemimpinan Pesantren sebagai Penentu Sukses Pendidikan Islam. Jurnal Kepemimpinan Keagamaan, 16(2), 102–118.
Sari, BI, & Yani, MT (2019). Gaya dan Tipologi Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren Babussalam. Jurnal Kepemimpinan Islam, 8(1), 45–60.
Smith, GA (2021). Mengadaptasi Model Kepemimpinan Sekolah Islam: Studi Banding Pendekatan Kepemimpinan dalam Pendidikan. Jurnal Internasional Studi Islam, 11(2), 122–135.
Suheri, M. (2020). Studi Transformasi Elemen Pondok Pesantren. Jurnal Reformasi Pendidikan, 11(2), 189–204.
Susanti, F., Zakariyah, Z., Komalasari, M., & Warlizasusi, J. (2023). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kedisiplinan Guru di Madrasah Aliyah Negeri. Kharisma: Jurnal Administrasi
Wajdi, F., Sanusi, A., Mulyasana, D., Sauri, S., Khori, A., & Saepuloh, S. (2022). Pola Kepemimpinan Kiai dalam Mengelola Pembelajaran Pesantren. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), Artikel 1. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.1832
Yin, RK (2018). Studi Kasus Penelitian dan Penerapan: Desain dan Metode (edisi ke-6).
Copyright (c) 2025 Saefrudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All material published by CBJIS is protected by international copyright and intellectual property laws. CBJIS is licensed under CC-BY-SA or an equivalent license as an optimal license for the publication, distribution, use and reuse of scientific works. The author owns the copyright and gives the first publication rights journal with the work being licensed simultaneously under CC-BY-SA; Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger excerpts of works published with recognition of author's work and early publications in this journal (See Effects of Open Access). and any views expressed in this work are those of the author and not of the Editorial Board of the CBJIS Scientific Journal. CBJIS cannot be held responsible for the views, opinions and written statements of the authors or researchers published in this journal.