REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PELUANG DAN TANTANGAN TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

  • Arnadi Dosen Pascasarjana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Revolusi Industri 4.0, Lembaga Pendidikan, Teknologi Pembelajaran

Abstract

Revolusi industri 4.0 adalah merupakan titik pemberhentian sementara dari gerak laju teknologi, dan hal ini adalah hasil yang di dapat melalui usaha seseorang. Teknologi yang dihasilkan dapat berupa alat atau sarana baru dari hasil penemuan baru, atau hasil dari pengembangan teknologi sebelumnya yang mengarah pada hal yang lebih sempurna. Gerak laju teknologi dipastikan berpengaruh pada dunia pendidikan, termasuk pada teknologi pembelajaran dan kawasan- kawasan yang menyertainya. Gerak laju teknologi akan menjadi peluang yang sangat baik bagi dunia pendidikan, karena lembaga pendidikan akan semakin memiliki kesempatan untuk berinovasi dan berkreasi dalam kawasan teknologi pembelajaran, seperti model pebelajaran dengan aplikasi ruang guru yang sedang booming saat ini

References

Alsakal, Nalan. “Theoretical View to The Approach of The Edutainment. 5th World Conference on Learning.” Teaching and Educational Leadership 186 (2015): 1232 – 1239. Bebas, Ensiklopedia. “Wikipedia bahasa Indonesia,” t.t. https://id.wikipedia.org/wiki/Milenial. Idi, Abdullah, dan Jamali Sahrodi. “Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama” 23, no. 1 (2017). Januszewski, Alan, dan Michael Molenda. Educational Technology: A Definition with Commentary. Laurence Erlbaum Associates, 2008. Nurhaidah, M. Insya Musa. “Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia.” Jurnal Pesona Dasar 3, no. 3 (2015): 1–14. “Pengguna Ponsel Indonesia,” 20 Juli 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/29/pengguna-ponsel-indonesiamencapai-142-dari-populasi. Prasetyo, Hoedi, dan Wahyudi Sutopo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset.” Jurnal Teknik Industri 13, no. 1 (2018). Priceprice. Diakses 20 Juli 2019. https://id.priceprice.com/harga-hp/news/Orang-IndonesiaInternetan-Lebih-Dari-8-Jam-Sehari-Medsos-Paling-Banyak-Diakses-4829/. Putra, Yanuar Surya. “Teori Pebedaan Generasi.” jurnal.stieama. Diakses 17 Juli 2019. http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/142/133. Sulasmi, Siti. “Peran Variabel Perilaku Belajar Inovatif, Intensitas Kerjasama Kelompok, Kebersamaan Visi dan Rasa Saling Percaya Dalam Membentuk Kualitas Sinergi.” Jurnal Ekuitas 13, no. 2 (2009): 219–37. Zafi, Ashif Az. Tranformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan Dalam Pembentukan Karakter). Jakarta: Rineka Cipta, 2004. Zamroni, Mohammad. “Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kehidupan.” Jurnal Dakwah X, no. 2 (2009).
Published
2020-05-18
How to Cite
Arnadi. (2020). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PELUANG DAN TANTANGAN TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI PEMBELAJARAN . CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2), 15-22. https://doi.org/10.37567/cbjis.v1i2.37