Sekolah Alam (Tinjauan Psikologi, Sosiologi dan Ekonomi)

  • Ahmad Dzaky Dosen STAI Rakha Amuntai Banjarmasin
Keywords: Sekolah Alam, Psikologi, Sosiologi dan Ekono mi

Abstract

Sekolah alam adalah salah satu bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam sebagai media utama sebagai pembelajaran siswa didiknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru ini dilatarbelakangi oleh gagasan bagaimana menciptakan sistem belajar mengajar yang menyenangkan dan bisa menambah rasa syukur kepada Allah Swt atas karunia yang telah diberikan berupa alam yang terbentang luas, dengan harapan suasana alam akan dapat memberikan pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual bagi anak didik.

References

Arifi, Ahmad. Politik Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Teras, 2010) Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 2005) E. Mulyasa, Manajemen Berbasisi Sekolah, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002) Edukasia, Sekolah Alam, Sebuah Alternatif Pendidikan, Suara Merdeka, Jum‟at, 12 Februari 2010. Fatmawati, Agusina. Model Pembelajaran Mikro Action Leraning, Progressive Inquiry dan Problem Solving. Dalam Pribadi, B.A. Model Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Dian Rakyat, 2009) Freire, Paulo, Politik Pendidikan; Kebudayaan Kekuasaan dan Pembebasan , terj. Agung Prihantoro & Fuad Arif Fudiyartanto, (Yoyakarta: Pustaka Pelajar & READ, 2002). Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta : Bumi Aksara , 2007) Karnianto, Sigit “Kemampuan Berpikir Postif Mentadabburin al-Quran” (lapran hasil Penelitian Fakultas Psikologi UMS Surakarta , 2013) Ma’mur.Asmani, Jamal. Metode Penelitian Kualitatif Deskriptif Analitik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. (2011). Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, (2010). Mulkham, Abdul Munir. Nalar Spritual Pendidikan, (Yogyakarta : Tiara Wacana, 2002) Nata, Abuddin. Sosiologi Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014) Nelindhy, Eve. StrategiPembelajaran Matematika Sekolah Alam, Surakarta: Skripsi UMS, 2010 tidak dipublikasikan Rahman, Fazlur. Tema-Tema PokokAl-Qur’an, (Bandung:Pustaka,1983). Santoso, Satmoko Budi. Sekolah Alternatif, Mengapa tidak? (Yogyakarta: Diva Press, 2010) Septriana, Alam Lendo Novo Sebuah Novel Tentang Dia, Penggagas Sekolah, (Bogor: SoU Publisher, 2009). Syah. Muhibbin. Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT. Remaja RosdaKarya, 2008) Undang-undang SISDIKNAS 2003 (Jakarta: Redaksi Sinar Grafika, 2003) Zaini, Muhammad. Pengembangan Kurikulum (Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi) (Yogyakarta: Teras, 2009).
Published
2020-05-18
How to Cite
Ahmad Dzaky. (2020). Sekolah Alam (Tinjauan Psikologi, Sosiologi dan Ekonomi) . CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2), 30-43. https://doi.org/10.37567/cbjis.v1i2.39