Ekonomi, Ekologi Dan Manajemen Dalam Menciptakan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islam
Abstract
Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan Islam tentunya diperlukan dari faktor ekonomi, ekologi, manajemen dan sarana prasarana yang memadai. Agar sarana dan prasarana penididikan itu tercukupi dan relevan dengan kebutuhan, maka perluhnya pengkajian lebih jauh tentang pengelolaan sarana dan prasarana agar visi dan misi dari sekolah tersebut dapat tercapai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yatu metode memperoleh data dari buku-buku yang relevan dengan penelitian tersebut yaitu buku dan jurnal yang membahas tentang ekologi, manajemen, sarana dan prasarana dalam pendidikan Islam Metode analisis yang digunakan dengan cara memilah-milah antara pengertian satu dengan pengertian yang lain untuk mendapatkan kejelasan dari hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi pendidikan Islam memberikan kontribusi terhadap keberhasilan proses pembelajaran sedangakan studi ekologi manusia dalam konteks pendidikan tidak lepas dari peranan manusia dan ekosistemnya yang melibatkan unsur, subjek, audien, materi, proses, media, tujuan dan efek
References
Bafadal, Ibrahim. 2003. Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Cet. 1. Jakarta: Bumi Aksara, Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jilid II. Bandung: Pustaka Setia,. Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung; Sygma Media Arkalema,. Djamal Irwan, 1996. Zoer‟ani. Prinsip-prinsip Ekologi, Lingkungan dan Pelestariannya. Jakarta: Bumi aksara, Irianto, Agus. Pendidikan sebagai investasi dalam pembangunan suatu bangsa. Jakarta: Prenada Media Gruop, 2011. Mohd Nor, Wan, Wan Daud. 1998. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas Bandung: Mizan,. Mujib, Abdul, dkk. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Predana Media, Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Ngatini, S. Lestari. 2010..Pendidikan Islam Kontekstual. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 Tahun 2007 Ramayulis dan Syamsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia. Resosoedarmo, 1984. Soedjiran kartawinata kuswata dkk. Pengantar Ekologi. Bandung: Remaja Rosdakarya offeset, Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajarana; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Santoso, Budhi.1992. Pendidikan Indonesia berakar pada kebudayaan nasional. Medan: konvensi nasional pendidikan Indonesia.
All material published by CBJIS is protected by international copyright and intellectual property laws. CBJIS is licensed under CC-BY-SA or an equivalent license as an optimal license for the publication, distribution, use and reuse of scientific works. The author owns the copyright and gives the first publication rights journal with the work being licensed simultaneously under CC-BY-SA; Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger excerpts of works published with recognition of author's work and early publications in this journal (See Effects of Open Access). and any views expressed in this work are those of the author and not of the Editorial Board of the CBJIS Scientific Journal. CBJIS cannot be held responsible for the views, opinions and written statements of the authors or researchers published in this journal.