Ekonomi, Ekologi Dan Manajemen Dalam Menciptakan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islam

  • Muhammad Hafiz Dosen STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Ekonomi, Ekologi, Manajemen, Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam

Abstract

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan Islam tentunya diperlukan dari faktor ekonomi, ekologi, manajemen dan sarana prasarana yang memadai. Agar sarana dan prasarana penididikan itu tercukupi dan relevan dengan kebutuhan, maka perluhnya pengkajian lebih jauh tentang pengelolaan sarana dan prasarana agar visi dan misi dari sekolah tersebut dapat tercapai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yatu metode memperoleh data dari buku-buku yang relevan dengan penelitian tersebut yaitu buku dan jurnal yang membahas tentang ekologi, manajemen, sarana dan prasarana dalam pendidikan Islam Metode analisis yang digunakan dengan cara memilah-milah antara pengertian satu dengan pengertian yang lain untuk mendapatkan kejelasan dari hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekonomi pendidikan Islam memberikan kontribusi terhadap keberhasilan proses pembelajaran sedangakan studi ekologi manusia dalam konteks pendidikan tidak lepas dari peranan manusia dan ekosistemnya yang melibatkan unsur, subjek, audien, materi, proses, media, tujuan dan efek

References

Anwar Mufid, Sofyan. 2010. Ekologi Manusia dalam Perspektif Sektor Kehidupan dan Ajaran Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ariffin, Muzayyin. 2011. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara,. Arikunto, Suharsimi. 1993. Organisasi dan Administrasi Pendidikan dan Teknologi dan Kejuruan. Cet ke2. Jakarta: PT Raja Gravindo.
Bafadal, Ibrahim. 2003. Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Cet. 1. Jakarta: Bumi Aksara, Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jilid II. Bandung: Pustaka Setia,. Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung; Sygma Media Arkalema,. Djamal Irwan, 1996. Zoer‟ani. Prinsip-prinsip Ekologi, Lingkungan dan Pelestariannya. Jakarta: Bumi aksara, Irianto, Agus. Pendidikan sebagai investasi dalam pembangunan suatu bangsa. Jakarta: Prenada Media Gruop, 2011. Mohd Nor, Wan, Wan Daud. 1998. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas Bandung: Mizan,. Mujib, Abdul, dkk. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Predana Media, Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Ngatini, S. Lestari. 2010..Pendidikan Islam Kontekstual. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 Tahun 2007 Ramayulis dan Syamsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia. Resosoedarmo, 1984. Soedjiran kartawinata kuswata dkk. Pengantar Ekologi. Bandung: Remaja Rosdakarya offeset, Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajarana; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Santoso, Budhi.1992. Pendidikan Indonesia berakar pada kebudayaan nasional. Medan: konvensi nasional pendidikan Indonesia.
Published
2020-05-18
How to Cite
Muhammad Hafiz. (2020). Ekonomi, Ekologi Dan Manajemen Dalam Menciptakan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islam . CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2), 44-56. https://doi.org/10.37567/cbjis.v1i2.40