MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0
Abstract
Tulisan ini berupaya mendorong perlunya reformasi masif di tubuh pendidikan Islam. Reformasi ini diperlukan agar pendidikan Islam mampu menjawab tantangan dan tuntutan zaman yang terus mengalami perubahan. Selain itu, tulisan ini juga berupaya memberikan tawaran solutif kepada pendidikan Islam dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana dikertahui bersama, bahwa era 4.0 membawa dampak yang luas dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri.
References
innovation- manfaat-dan-kekurangan-dalam-konteks-pembangunan-ekonomi-Edy-Suandi- Hamid.pdf, dikases 17 Juli 2018 Kasali, Rhenald. 2017. Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup” Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ma‟arif, Syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu. Mohammad Djazaman. 2009. Konsep Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. Muhaiman. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muhroqib. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS. Pendidikan 4.0, Apa Itu? 2018. https://eduaksi.com/pendidikan-4-0-apa/, Ranking Web of Universities edisi Januari 2018, dalam http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia%20, diakses 20 Juli 2018 Rosidin. 2016. Problematika Pendidikan Islam Perspektif Maqasid Shari’ah, Maraji’: Jurnal Studi Keislaman. Vol. 3, No. 1. Saputro, Febrianto Adi. 2018. Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 di Pendidikan. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/05/02/p8388c430- mendikbudungkap-cara-hadapi-revolusi-40-di-pendidikan. diakses Rabu, 18 Juli 2018 Suwardana, Hendra. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK. Vol.1, No.2, h. 102-110 Zuhairini. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
All material published by CBJIS is protected by international copyright and intellectual property laws. CBJIS is licensed under CC-BY-SA or an equivalent license as an optimal license for the publication, distribution, use and reuse of scientific works. The author owns the copyright and gives the first publication rights journal with the work being licensed simultaneously under CC-BY-SA; Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger excerpts of works published with recognition of author's work and early publications in this journal (See Effects of Open Access). and any views expressed in this work are those of the author and not of the Editorial Board of the CBJIS Scientific Journal. CBJIS cannot be held responsible for the views, opinions and written statements of the authors or researchers published in this journal.