STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH KHAIRUL HIKMAH DESA PASIR KECAMATAN MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH

  • Helmi Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah
Keywords: Strategi, Mutu, Pendidikan

Abstract

Strategi merupakan salah satu komponen dalam meningkat mutu pendidikan dimana didalmnya dapat diperankan langsung oleh Kepala Sekolah/Madrasah. Strategi yang tepat sangat dituntut untuk melakukan suatu perubahan guna meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan, faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan faktor peghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah. Adapun meode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu mengedepankan penelitian data atau realitas persoalan dengan berlandaskan pada pengungkapan apa-apa yang telah dieksplorasikan dan diungkapkan oleh responden dan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui kegiatan workshop, memotivasi guru agar semangat untuk kuliah, diklat, penataran, dan sebagainya., Mesupervisi, dengan melakukan kunjungan kelas dan menganalisa RPP yang akan digunakan guru dan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), evaluasi terkait dengan proses pembelajaran yang sedang berlangsung, Pembinaan Kedisiplinan Guru, melalui rapat tiap bulan dan teguran secara langsung, Peningkatan Sarana dan Prasarana, seperti pembuatan ruang kelas baru, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kantin, tempat parkir, lapangan olahraga. (2) Faktor pendukung Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah adalah Kurikulum Pembelajaran, Administrasi /Manajemen, Sarana dan Prasarana, Ketenagaan (guru dan staf TU) dan Partisipasi Masyarakat. (3) Faktor penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Khairul Hikmah adalah sarana pra saran yang belum memadai, dan biaya oprasional sekolah yang belum satbail sumber pembiayaannya

References

Ana Retnoningsih dan Suharso 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta. Dimyati, Hamdan, 2014. Model kepemimpinan & system Pengambilan Keputusan Danim Sudarwan. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta. E Mulyasa. 2006. Menjadi KepalaSekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya EMulyasa. 2012.Manajemendan Kepemimpinan KepalaSekolah. Jakarta: Bumi Aksara Husaini Usman.2006.Manajemen Teori Praktikdan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Hasan Basri. 2014.Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia Lexy, J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Nurkolis. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Grasindo Sukmadinata. 2009. Nana Syaodih, Meetode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan KepalaSekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2020-05-18
How to Cite
Helmi. (2020). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH KHAIRUL HIKMAH DESA PASIR KECAMATAN MEMPAWAH HILIR KABUPATEN MEMPAWAH . CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2), 70-80. https://doi.org/10.37567/cbjis.v1i2.42