PENGARUH MARKETING MIX DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Studi pada BRI Syariah, Bank Muamalat dan Bank Jateng Syariah) di Kota Semarang

  • Abdus Salam IAIN Surakarta
Keywords: Marketing Mix, Etika Bisnis Islam, Perbankan Syariah, Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dari penerapan Marketing Mix dan Etika Bisnis Islam terdapat Loyalitas Nasabah pada Perbankan Syariah (BRI Syariah, Bank Jateng Syariah dan Bank Muamalat) di Kota Semarang. Dengan menggunakan varibel Marketing Mix dan Etika Bisnis Islam sebagai Variabel Eksogen dan Loyalitas Nasabah sebagai variabel Endogen, selain itu juga digunakan variabel intervening untuk mengukur pengaruh mediasi dari faktor eksogen ke endogen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data yang digunakan adalah primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 3 nasabah perbankan syariah yang dijadikan obyek penelitian, total responden dari ke 3 bank syariah terserbut sejumlah 100 responden. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pertama, Marketing Mix berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah,. Kedua, Etika Bisnis Islam berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Ketiga, Marketing Mix berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah, Keempat, Etika Bisnis Islam tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Kelima, Keputusan Menjadi Nasabah berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Keenam, Keputusan Menjadi Nasabah mampu memediasi antara Marketing terhadap Loyalitas Nasabah,. Ketujuh, Keputusan Menjadi Nasabah tidak mampu memediasi Etika Bisnis Islam terhadap Loyalitas Nasabah.

Published
2021-02-09