ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN KONSUMEN PADA LABEL HALAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MAKANAN MIE INSTAN

STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MUSLIM DI DESA PASAR MELAYU, KECAMATAN SAMBAS, KABUPATEN SAMBAS

  • edwin priyandi
Keywords: Label Halal, Promosi, Keputusan Membeli

Abstract

Mengkonsumsi mie instan merupakan sudah menjadi gaya hidup masyarakat, bukan hanya orang dewasa, mahasiswa serta anak-anak suka mengkonsumsi mie instan, apalagi dengan berbagai macam produk mie instan yang beredar dipasar maupun supermarket, serta promosi mie instan yang sangat luar biasa banyaknya di media iklan seperti televisi. Hal ini sangat mempengaruhi masyarakat dalam membeli produk makanan kemasan mie instan yang halal karena bukan tidak mungkin masyarakat menyampingkan memilih mie instan halal karena tergiur oleh kemasan serta promosi mie instan tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif karena dalam pelaksanaannya akan menganalisis dan menginterpretasi dari data yang diperoleh dari lapangan menggunakan angket/kuisioner. Pemberian angket/ kuisioner kepada responden diberikan secara acak (random).

Secara uji t (parsial), variabel X1 yaitu pemahaman konsumen pada label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli produk makanan mie instan. Begitu juga dengan variabel X2 yaitu promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli produk makanan mie instan. Secara uji F (simultan), berdasarkan hasil uji f pada tabel ANOVA menunjukkan F hitung > F tabel yaitu 8.567 > 2.681 sehingga berdasarkan hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini berarti H3 diterima dan H03 ditolak. Hasilnya adalah pemahaman konsumen pada label halal dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan membeli produk makanan mie instan.

Published
2021-03-12