ANALISIS SERVICE QUALITY DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA USAHA PENGGILINGAN PADI DI DESA PERAPAKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Studi Kasus Penggilingan Padi Bapak Salam

  • nurlaili yuslina Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddn Sambas
Keywords: Service quality, pelanggan, pelayanan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya keluhan-keluhan masyarakat yang berprofesi sebagai petani, dalam hal pengolahan atau sistem penggilingan padi yang tidak memberikan mutu atau kualitas secara optimal. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman perspektif Ekonomi Islam terhadap memberikan kulitas pelayanan atau service quality pada penggilingan padi di Desa Perapakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian menggunnakan penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi berdasarkan sumber primer yang ada dilapangan dan sumber sekunder berupa buku-buku atau karya penelitian yang terkait dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan atau service quality yang diberikan sudah sesuai dimensi kualitas pelayanan yaitu, Realibility, Responsivenss, Assurance, Emphaty, dan Tangibles. Adapun berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam maka sudah mengimplementasikan sikap profesionalisme Nabi Muhammad SAW yaitu, Shiddiq, Amanah, Fhatanah, dan Tabliqh. sudah di praktekkan atau diterapkan pada usaha penggilingan padi yang dikelola oleh Bapak Salam.

Published
2021-03-10